Tren Konsep Rumah, Masyarakat Cenderung Lebih Bebas dan Ekspresif Sesuai Karakter

Dalam memilih konsep rumah, masyarakat kini cenderung tidak lagi mengikuti konsep yang ada di pasaran.

Tren Konsep Rumah, Masyarakat Cenderung Lebih Bebas dan Ekspresif Sesuai Karakter
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dalam memilih konsep rumah, masyarakat kini cenderung tidak lagi mengikuti konsep yang ada di pasaran. Akan tetapi, masyarakat sudah mempunyai jalur desain sesuai karakter masing-masing.

Profesional Arsitek sekaligus Pemilik VIP Archlab, Fafan Tri Afandy mengatakan, ada kecenderungan masyarakat memilih desain rumah sesuai dengan karakter dan kebutuhan masing-masing.

"Mereka juga lebih bebas dan ekspresif sesuai karakter pemilik rumah masing-masing," katanya kepada TribunJatim.com, Senin (28/1/2019).

Secara umum, menurutnya saat ini masyarakat sudah melek desain baik orang yang berada di perkotaan maupun di pinggiran kota.

Ratusan Rumah Tergenang Banjir Akibat Meluapnya Kali Suwuk Lamongan, Tim Reaksi Cepat Evakuasi Warga

"Misalnya di Jawa Timur, karakter lokalitasnya ialah batu bata. Mengingat kawasannya tropis, maka karakter material seperti batu bata ekspos maupun plester tanpa cat atau proses varnishing akan jadi pilihan," terangnya.

Dia mengatakan, meskipun karakter material tidak diterapkan pada seluruh bangunan rumah. Akan tetapi, pasti ada spot-spot tertentu yang ingin ditonjolkan sisi karakternya.

"Secara budget pula, jika menggunakan material bata ekspos tersebut juga jauh lebih murah," katanya.

Masyarakat tidak dipusingkan lagi dengan pilihan beragam warna cat. Pasalnya, umur cat sendiri tidak lama hanya sekitar 3-5 tahun saja.

BREAKING NEWS: Kali Suwuk Lamongan Meluap, 50 Rumah Tergenang Air hingga Sebatas Perut Orang Dewasa

"Jadi, kalau mengelupas catnya kan itu akan membutuhkan biaya lagi untuk memperbaikinya. Dari segi perawatan pun, juga akan lebih mudah dibersihkan," tambahnya.

Ia menambahkan, tren warna bangunan di tahun ini juga akan masih menggunakan warna-warna lembut dan natural.

Seperti warna pada tema Scandinavian yang dulunya dominan putih kini berganti krem. Atau dulunya abu-abu sekarang lebih natural.

"Pilihan warna lembut yang tidak terlalu kontras tetap akan jadi pilihan. Secara umum pasti akan ada satu spot atau sisipan yang mengejutkan di bangunan rumah baik dari warna, bentuk fisik, maupun materialnya," tambahnya.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved