Hari Raya Imlek

Warga Konghuchu Pasuruan Bersihkan Altar, Tahun Babi Tanah, Simbol Kemakmuran dan Kedamaian

Pengurus Klenteng Tjoe Tik Kong di Pasuruan mulai membersihkan altar suci menjelang perayaan tahun baru Imlek 2570, 5 Februari 2019 mendatang.

Warga Konghuchu Pasuruan Bersihkan Altar, Tahun Babi Tanah, Simbol Kemakmuran dan Kedamaian
(Surya/Galih Lintartika)
Pengurus Kleteng Tjoe Tik Kong saat membersihkan altar suci menyambut tahun baru Imlek. 

 TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Pengurus Klenteng Tjoe Tik Kong di Pasuruan mulai membersihkan altar suci menjelang perayaan tahun baru Imlek 2570, 5 Februari 2019 mendatang.

Bersih - bersih kelenteng ini dimulai sejak hari ini, Kamis (29/1/2019) pagi. Sejumlah orang dari pengurus ataupun jamaah tampak ikut membersihkan sejumlah patung - patung yang ada di dalam klenteng ini.

Bersih - bersih altar suci merupakan menjadi ritual wajib sebelum datangnya tahun baru imlek. Ini dipercaya untuk mengusir aura - aura negatif.

Yudhi Dharma Santoso, pengurus Klenteng Tjoe Tik Kiong mengatakan, satu minggu menjelang imlek sudah menjadi kewajiban untuk bersih - bersih klenteng.

Item yang dibersihkan, kata dia, diutamakan dewa yang biasanya digunakan untuk sembayang. Patung dewa ini dilap menggunakan kain yang sudah direndam di dalam air suci kembang.

Selain itu, ada juga yang membersihkan lantai dan debu - debu di sekitaran kleteng.

Sakit, Vanessa Angel Dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya usai 12 Jam Diperiksa Polisi

Atalanta Vs Juventus, Nyonya Tua Dibantai 0-3, Atalanta Lolos ke Semifinal Coppa Italia

DPC PBB Madiun Pastikan Seluruh Caleg, Kader dan Pengurus Solid Dukung Jokowi-Maruf Amin

"Bagi kami, ini merupakan salah satu cara untuk mensucikan diri. Tahun baru, harus ada semangat dan aura baru," katanya saat ditemui Surya.

Ia pun menyampaikan, bersih - bersih ini juga bisa diartikan sebagai cara untuk membuang aura negatif menjadi aura positif.

Keyakinannya adalah, bila suatu saat bisa memperbaiki diri, maka sesering mungkin perbaiki diri itu sendiri setiap hari.

"Momentum pergantian tahun ini akan menjadi momentum untuk memperbaiki diri sendiri menjadi lebih baik," ungkapnya kepada Tribunjatim.com.

Ia menguraikan, tahun ini, akan memasuki tahun babi tanah. Bagi orang konghucu, tahun babi tanah ini merupakan simbolis kemakmuran dan kedamaian.

"Kami pun berharap, semoga kemakmuran dan kedamaian akan diraih semua bangsa Indonesia. Apalagi sebentar lagi, ada pesta demokrasi. Semoga indonesia tetap damai dan makmur. Selamat tahun baru," pungkasnya kepada Tribunjatim.com. (lih/TribunJatim.com).

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved