Polres Malang Ungkap 81 Kasus Narkotika dalam 12 Hari, Kasus Sabu-sabu Mendominasi

Operasi digelar di seluruh wilayah hukum Polres Malang selama 12 hari, tepatnya mulai dari tanggal 26 Januari 2019 sampai 6 Februari 2019.

Polres Malang Ungkap 81 Kasus Narkotika dalam 12 Hari, Kasus Sabu-sabu Mendominasi
SURYA/ERWIN WICAKSONO
90 tersangka yang terlibat kasus narkotika berhasil diungkap Polres Malang dalam Operasi Tumpas Narkoba Semeru, Kamis (7/2/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEPANJEN - 81 kasus narkoba berhasil diungkap Polres Malang dalam Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2019.

Operasi yang digelar di seluruh wilayah hukum Polres Malang itu dilaksanakan selama 12 hari, tepatnya mulai dari tanggal 26 Januari 2019 sampai dengan 6 Februari 2019.

Kapolres Malang AKBP Yadi Setiawan Ujung merinci, paling banyak kasus keterlibatan sabu-sabu yang mencapai 50 kasus dengan 58 tersangka.

Kemudian kasus narkotika jenis ganja berjumlah 2 kasus dengan 2 orang tersangka. Sedangkan pada kasus UU Kesehatan terdapat 29 kasus dengan 30 tersangka.

(7 Aktris Cantik Pemeran Bibi Lung dalam Drama Mandarin Pendekar Rajawali, Siapa Favoritmu?)

(Pangdam V/Brawijaya Berganti, Pakde Karwo Minta TNI - Polri Terus Jaga Kekompakan)

"Dari beberapa tersangka tersebut, kategorinya 53 orang sebagai pengedar atau kurir. Kemudian yang kedapatan memakai ada 37 orang, sedangkan 8 orang kami laksanakan rehabilitasi. Karena, tidak ditemukan barang bukti padanya. Tapi pada saat kami cek urine hasilnya positif," terang Ujung saat gelar jumpa pers di Polres Malang, Kamis (7/2/2019).

Ujung menambahkan, barang bukti yang berhasil diamankan di antaranya adalah, narkotika jenis ganja sebanyak 106,54 gram, sabu-sabu sebanyak 99,49 butir dan pil double L sebanyak 70.539 butir.

Barang bukti tersebut didapat dari 90 tersangka, dengan rincian, 84 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.

Yade menyebut pencapaian ungkap kasus narkoba pada tahun ini meningkat. Pada tahun sebelumnya saja, jajarannya hanya mengungkap 30 kasus.

Dari temuan kasus pada tahun ini yang meningkat, Ujung menyangkal bahwa wilayah Kabupaten Malang merupakan sarang narkoba.

"Saya tidak mengatakan banyak indikatornya, ya cuma untuk tahun ini memang gerakan untuk ungkap  lebih gencar. Jadi memang masing-masing Polsek itu serius melaksanakan pengungkapan narkoba," tutup Ujung.

Reporter: Surya/Erwin Wicaksono

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved