Datangi PPDI, KPU Lamongan Ajak kaum Disabilitas Sukseskan Pemilu

Mereka juga adalah basis pemilih yang signifikan dalam pemilu serentak tahun 2019 ini," kata ketua kelompok relawan demokrasi KPU Lamongan,

Datangi PPDI, KPU Lamongan Ajak kaum Disabilitas Sukseskan Pemilu
surya/Hanif Manshuri
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan Jawa Timur gencar melaksanakan sosialisasi pada mereka yang memiliki keterbatasan., Fatkhur Rahman saat sosialisasi di depan PPDI, para disabilitas, Minggu (2/12/2018) 

 TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Penyandang disabilitas punya hak yang sama untuk dipilih dan memilih di Pemilu 2019 mendatang.

Tak ingin hak para penyandang disabilitas ini terabaikan, KPU Lamongan menggandeng para penyandang disabilitas ini untuk diajak mensukseskan Pemilu 2019 yang tinggal hitungan hari ini.

"Penyandang disibalitas memilikinya hak yang sama untuk dipilih dan memilih. Mereka juga adalah basis pemilih yang signifikan dalam pemilu serentak tahun 2019 ini," kata ketua kelompok relawan demokrasi KPU Lamongan, Ali Shodikin pada wartawan, Senin (11/2/2019).

Pihaknya telah mendatangi dan mengajak para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia(PPDI) Lamongan yang didalamnya terdiri dari berbagai kelompok komunitas seperti Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), maka dalam sosialisasi selanjutnya mereka juga menyasar Disable Motorcycle Indonesia (DMI).

"Pada para anggota DMI, kami melakukan sosialisasi dan simulasi suara sah dan tidak sah, " katanya kepada Tribunjatim.com.

Ali menjabarkan materi tahapan, jadwal kampanye, pemutakhiran data pemilih dan juga membeberkan simulasi pemungutan suara di TPS, membawa specimen surat suara Presiden dan Wakil Presiden,
Calon Anggota DPD, Calon Anggota DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Lamongan.

Pemateri disampaikan oleh Anggota KPU Lamongan, Dewi Maslahatul Ummah dan MH. Fatkhur.

Dua Orang Tewas, Satu Kritis, Usai Pesta Miras Jelang Pilkdes Serentak di Trenggalek

Besuk Ahmad Dhani, Bambang Haryo : Rutan Medaeng Overload

Ketemu Risma, Peneliti SSC Sebut Bukti Khofifah Tidak Baperan dan Lebih Berpikir Rasional

Disampaikan sejumlah rekomendasi kepada KPU Lamongan agar memberi akses kepada para penyandang disabilitas selama proses Pemilu 2019.

Beberapa rekomendasi diantaranya, adalah agar KPU Lamongan memberikan akses untuk penyandang disabilitas selama di TPS, penyediaan template surat suara untuk penyandang tuna netra dan pemilih difabel lainnya.

"KPU Lamongan ke depan bersama Relawan Demokrasi akan menyisir basis pemilih dengan kegiatan sosilaisasi hasil rencana kerja dengan KPU Lamongan," kata anggota KPU Lamongan, MH Fathkurrohman di Kantor Kesekretariatan PPDI Lamongan di Desa Kebet, Kecamatan Lamongan.

Usai kegiatan ini, menurut Fatkhur , KPU Lamongan bersama Relawan Demokrasi akan menyisir basis pemilih dengan kegiatan sosilaisasi hasil rencana kerja dengan KPU Lamongan.

"Melihat dijadwal KPU, setiap hari Kami lakukan sosialisasi ke kelompok-kelompok basis pemilih," katanya kepada Tribunjatim.com.(Hanif Manshuri/TribunJatim.com).

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved