Gadget Terbaru

HP Envy X360 Laptop yang Mampu Berubah Menjadi Tablet Dengan Kartu Grafis AMD Ryzen Terbaik

Kehadiran prosesor AMD Ryzen mobile membuat HP turut meluncurkan perangkat yang menggunakan prosesor tersebut salah satunya melalui seri HP ENVY x360.

HP Envy X360 Laptop yang Mampu Berubah Menjadi Tablet Dengan Kartu Grafis AMD Ryzen Terbaik
HP
HP Envy X360 

TRIBUNJATIM.COM - Kehadiran prosesor AMD Ryzen mobile membuat HP turut meluncurkan perangkat mobile menggunakan prosesor tersebut, salah satunya melalui seri HP ENVY x360. Dan seri yang kami uji yaitu 13-ag0023au ini menggunakan desain 2-in-1, sebutan perangkat yang bisa menjadi komputer tablet selain notebook. Dengan bobot ringan dan dimensi yang kecil, 2-in-1 ini bidik para content creator serta pengguna yang sering berpindah tempat saat bekerja.

Intip 5 Keunggulan HP Spectre 13, Laptop Layar Sentuh Premium dengan Prosesor i8 dan Berat 1,11 kg

Sebagai otak, HP ENVY x360 13 tersebut menggunakan AMD Ryzen 7 2700U yang memiliki grafis terintegrasi Radeon RX Vega 10. AMD Ryzen 7 2700U memiliki kinerja yang oke dengan penggunaan daya yang diklaim lebih hemat. Sebagai informasi, seri ini juga hadir dengan pilihan prosesor AMD Ryzen 2500U. Sebagai pendukung kinerja tangguh, sudah tersemat memori utama delapan gigabyte serta media simpan SSD PCI-Express yang kencang dengan kapasitas yang terbilang besar, 512 GB.

Penamaan seri x360 menegaskan engselnya yang bisa ditekuk sampai 360 derajat. Ini membuat 2-in-1 ini bisa digunakan sebagai notebook sampai komputer tablet. Ada empat mode yang didukung. Selain mode notebook dan komputer tablet, Anda bisa menekuk engsel ke posisi tent ataupun stand. Sebagai penunjang disertakan stylus pada paketnya.

Yang sedikit menjadi catatan kami adalah engselnya yang terasa kurang mantap menopang layar saat digunakan pada mode stand atau notebook. Ini terlihat ketika hendak memanfaatkan layar sentuh menggunakan jari ataupun stylus. Untuk kenyamanan penggunaan layar sentuh, cara paling pas adalah ketika dalam posisi komputer tablet. Untungnya, engsel ini membuat notebook bisa dengan mudah dibuka tutup menggunakan satu tangan saja.

HP X360
HP X360 (HP)

Karena juga berfungsi sebagai komputer tablet, HP menggunakan layar berbasis layar sentuh yang sudah terlindung lapisan Gorilla Glass. Dengan panel IPS, layar dengan resolusi Full HD ini memiliki viewing angle yang luas. Tampilannya pun terlihat tajam dengan tingkat kecerahannya yang membuat mata tidak mudah lelah. Hanya saja tanpa fitur antiglare membuat agak mengganggu pada ruang atau kondisi banyak lampu atau cahaya.

Radeon RX Vega 10 sendiri terbilang tangguh untuk sekelas grafis terintegrasi. Dibanding grafis terintegrasi Intel UHD Graphics 620 atau 630, kinerja Radeon ini lebih unggul, terutama ketika menjalankan berbagai game AAA dengan pengaturan grafis yang disesuaikan. Dari pengujian yang kami lakukan, game seperti CS:GO, Tekken 7, serta PES 2018, masih mendapatkan frame per second yang terbilang masih cukup nyaman dimainkan.

Guna mengejar fisiknya yang tipis, dukungan I/O dibuat minimalis. Satu port USB Type-C dan USB 3.0 bisa dibilang kurang banyak, utamanya jika Anda hendak menggunakan perangkat tambahan seperti mouse, USB flash disk, atau hard disk eksternal secara bersamaan. Khusus untuk port HDMI, HP menggunakan adapter USB to HDMI.

Fisik tipis ini juga berimbas pada panas yang dihasilkan. Untungnya, sistem pendingin berupa kipas mampu membuat suhu tidak terlalu panas saat kondisi full load. Peningkatan suhu msih dalam batas wajar dan tidak membuat kinerja menjadi turun (throttling). Hanya saja, kondisi tersebut membuat suara kipas terdengar bising untuk sekelas perangkat ultrathin.

Disertakan stylus dengan ujung yang memiliki sensitivitas tekanan serta dua tombol di sisi bodi. Hal ini memudahkan saat menggambar atau menulis dengan tingkat ketebalan yang diinginkan.
Disertakan stylus dengan ujung yang memiliki sensitivitas tekanan serta dua tombol di sisi bodi. Hal ini memudahkan saat menggambar atau menulis dengan tingkat ketebalan yang diinginkan.
Meski keluaran suara treble cenderung dominan, tetapi kualitas speaker Bang & Olufsen membuat kegiatan seperti menonton fim atau mendengar musik tetap memikat.
Meski keluaran suara treble cenderung dominan, tetapi kualitas speaker Bang & Olufsen membuat kegiatan seperti menonton fim atau mendengar musik tetap memikat.

HP X360 dengan Laptop
HP X360 dengan Laptop (HP)

Kesimpulan

Halaman
12
Editor: Candra Setiawan
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved