KPK Sosilisasikan Pelaporan dan Pengendalian Gratifikasi di Pemkab Situbondo

Untuk menekan terjadinya gratifikasi, KPK menggelar sosialisasi pelaporan dan pengendalian gratifikasi di Pemkab Situbondo

KPK Sosilisasikan Pelaporan dan Pengendalian Gratifikasi di Pemkab Situbondo
izihartono/surya
KPK saat melakukan aosialisasi di Pemkab Situbondo. 

TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO - Untuk menekan terjadinya gratifikasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar sosialisasi pelaporan dan pengendalian gratifikasi di Pemkab Situbondo, Rabu (13/02/2019)

Sosialisasi yang dihadiri Direktorat gratifikasibKomisi Pemberantasa Komisi Korupsi (KPK), mensolisasikan pelaporan dan diikuti seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemkab Situbondo.

Direktur Gratisifikasi KPK, Anjar Prasetiyo menyampaikan, gratifikasi, suap, dan pemerasan merupakan hal yang berbeda.

Menurutnya, gratifikasi itu merupakan pemberian melebihi batas kewajaran kepada ASN dengan jabatan tinggi dari masyarakat atau pihak ketiga yang diatur pasal 12B dan 12C UU Tipikor tahub 2001.

"Biasanya pemberian ini dilakukan secara mendadak, dan ASN bersifat pasif," kata Anjas Prasertiyo kepada Tribunjatim.com.

Agar tidak terkena gratifikasi, kata Anjas, maka ASN wajib melaporkan hal itu ke KPK. Sehingga nantinya akan dianilisis oleh KPK dan akan ditentukan apakah pemberian tersebut menjadi hak milik negara ataukah pelapor.

Dikatakan, laporan gratifikasi dapat dilakukan secara online di https://gol.kpk.go.id. Bahkan, pelapor akan mendapatkan perlindungan dari berbagai bentuk tekanan dan dirahasiakan identitasnya. Hal ini untuk menjaga hubungan baik antara pelapor dan pemberi.

"Nantinya Bapak Ibu mendapatkan sertifikat sebagai bukti pelaporan, sehingga jika ada orang lain yang menuduh bapak atau ibu menerima gratifikasi maka secara hukum bapak ibu bebas. Hal itu berlaku jika dilaporkan dalam tenggat waktu 30 hari sejak menerima pemberian," jelasnya kepada Tribunjatim.com.

Hilmi Berharap Divonis Bebas, Kenang Saat Mendekam Beberapa Bulan di Medaeng, Makan Nasi Cadong

Video Viral Hebohkan Sedati, Perlihatkan Penganiayaan Terhadap Seorang Perempuan

Fakta Video Viral Jenazah Warga Gresik Dihanyutkan ke Sungai, Dilakukan Tahunan hingga Penyebabnya


Sedangkan suap adalah kegiatan yang bersifat transaksional. yakni adanya perjanjian antara pemberi dan penerima, serta umumnya dilakukan secara tertutup.

"Misalnya pengusaha menyuap pejabat pemerintah untuk mendapatkan proyek," katanya.

Halaman
12
Penulis: Izi Hartono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved