Sulit Dapat Gudang Luas, KPUD Magetan Simpan 2197 Kotak Suara Untuk Pilpres di Bekas Lapangan Futsal

Sulit Dapat Gudang Luas, KPUD Magetan Simpan 2197 Kotak Suara Untuk Pilpres di Bekas Lapangan Futsal.

Sulit Dapat Gudang Luas, KPUD Magetan Simpan 2197 Kotak Suara Untuk Pilpres di Bekas Lapangan Futsal
SURYA/DONI PRASETYO
Sebanyak 10.985 kotak suara milik KPUD Kabupaten Magetan disimpan di bekas lapangan futsal yang dikontrak selama dua tahun di Desa Baron, Kecamatan/Kabupaten Magetan. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Seperti tidak terlalu mempedulikan resiko, sebanyak 2.197 kotak suara milik KPUD Kabupaten Magetan yang akan digunakan untuk pemungutan suara di Pemilihan Presiden (Pilpres) April mendatang, disimpan di bekas lapangan futsal, di Desa Baron Kecamatan/Kabupaten Magetan.

"Kami kesulitan mendapatkan gudang yang luas, yang bisa memenuhi syarat untuk menyimpan 2197 kotak suara, terpaksa kami menyewa bekas lapangan futsal ini,"kata Ketua KPUD Kabupaten Magetan Poppy MS Putranto, Rabu (13/2-2019).

Pasien DBD di RSUD dr Sayidiman Magetan Naik 2 Kali Lipat, Dirawat di Lorong, Tapi Belum Masuk KLB

Sandy Janjikan Petani Singolangu Magetan Bikin Instalasi Air Sepanjang 8 Km

Menurut Poppy, pihaknya tahu bekas lapangan futsal yang disewa dan dijadikan gudang penyimpanan kotak suara milik KPUD Kabupaten Magetan ini rawan terjadinya tindak pencurian dan kerusakan.

Namun, tidak ada pilihan lain, meski KPUD sudah memperbaiki sejumlah titik sebelum dijadikan gudang.

"Tempat ini rawan dan beresiko kerusakan. Tapi kami sudah antisipasi dengan memperbaiki beberapa bagian bangunan, juga menyiapkan terpal untuk menutupi kotak suara bila turun hujan. Selain itu kami juga menyiagakan petugas jaga, dibantu polisi untuk mengamankan kotak suara ini,"jelas Poppy.

Minim Darah, PMI Cabang Magetan Terancam Kolaps

Dikatakan Poppy, bekas lapangan futsal di Desa Baron itu disewa KPUD Kabupaten Magetan selama dua tahun, hingga berakhirnya Pilpres dan Pileg April 2019 mendatang.

Seusai Pilpres dan Pileg, kotak suara yang dibuat dari bahan kardus khusus itu akan dilipat kembali dan dibawa ke gudang KPUD di Jalan Karya Dharma, Jawar, Ringinagung, Kecamatan/Kabupaten Magetan.

"Selain terpal, kami juga memasang alas atau matras untuk menyimpan kotak suara itu. Kami berusaha sekuat tenaga agar kotak tidak rusak dan berjamur dan tetap baik sampai Pemilu selesai. Setelah selesai pakai kita lipat kembali kita bawa ke gudang KPUD Magetan,"jelas Poppy.

Untuk perakitan kotak suara itu, lanjut Poppy, KPUD Magetan, dibantu 10 orang tenaga bantuan warga sekitar, KPUD Magetan menargetkan perakitan 10 ribu kotak suara itu selesai dua pekan ke depan.

"Mudah mudahan 10 ribu kotak suara itu bisa selesai, sesuai dengan rencana dua pekan ke depan dan kita bisa mengerjakan logistik lainnya,"ujar Poppy

Total jumlah kotak suara, tambah Poppy Putranto, sebanyak 10.985 kotak suara yang akan dibagikan ke 2.197 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-wilayah Kabupaten Magetan.

"Kotak suara sebanyak 10. 985 buah itu dibagikan ke 2.197 TPS di 18 wilayah Kecamatan di Kabupaten Magetan. Setiap TPS akan mendapat 5 buah kotak suara untuk pemungutan suara Pilpres dan Pileg,"tandas Poppy MS Putranto .

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved