Warga Rungkut Surabaya Ajak Anak Peduli Lingkungan, Hewan dan Kebersihan

Kemeriahan ulang tahun ke-13, Posyandu Dahlia RW 08, Rungkut Mapan Barat, Kecamatan Gununganyar, Surabaya menggelar berbagai kegiatan ramah lingkunga

Warga Rungkut Surabaya Ajak Anak Peduli Lingkungan, Hewan dan Kebersihan
tribunjatim/Nur Ika Anisa
Anak-anak menanam tanaman toga di lapangan RW 08 Rungkut Mapan Barat, Gununganyar 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kemeriahan ulang tahun ke-13, Posyandu Dahlia RW 08, Rungkut Mapan Barat, Kecamatan Gununganyar, Surabaya menggelar berbagai kegiatan ramah lingkungan dengan mengajak sekitar 100 anak, Sabtu (16/2/2019).

Sebanyak 100 anak itu dibagi menjadi dua kelompok, mereka diajak untuk peduli lingkungan dengan mengenal beberapa tanaman obat keluarga (toga).

Sembari bergurau satu sama lain, mereka membawa tanaman-tanaman toga itu untuk kemudian ditanam di sekitar lapangan.

Sementara lainnya tampak antusiasi menggenggam bungkus kertas kandang burung untuk kemudian dilepas liarkan.

"Kami mengajak, mendidik anak-anak mencintai lingkungan bagaimana memperlakukan lingkungan dan binatang di sekitar mereka," kata Ketua Pelaksana Natalisa Djunaedy di Lapangan RW 08 Rungkut Mapan Barat, Surabaya kepada Tribunjatim.com, Sabtu (16/2/2019).

Para orang tua dan kader posyandu juga mengedukasikan gerakan bersih kepada anak-anak dengan mengajak cuci tangan usai bermain.

"Sebagai hadiah, anak-anak RW 08 Rungkut Mapan Barat dapat es krim gratis dari polisi-polisi Polsek Rungkut. Ini juga untuk mendekatkan polisi kepada anak dan mengurangi stigma takut polisi," tambah Natalisa kepada Tribunjatim.com.

Gerakan tersebut satu diantara beberapa program Posyandu Dahlia untuk mengajak anak-anak menjaga kebersihan mereka.

Eks Pembalap Asia 250 CC M. Zaki Tewas Ditangan Debt Collector

Video Viral Penganiayaan di Sidoarjo, Pelaku Cemburu Hingga Memukuli Kekasihnya

Rayakan Valentine Bareng, Gading Marten Dapat Pertanyaan Menyentuh dari Gempita: Are You Okay?

"Posyandu Dahlia ini merayakan ulang tahunnya, sudah 13 tahun memberikan pelayanan ibu dan anak di RW 08 Rungkut Mapan Barat. Biasanya layanan timbang dan ukir badan, imunisasi, pemberian vitamin dan konsultasi kesehatan," kata Kepala Puskesmas Gununganyar, Ni Made Sariyani.

Sementara itu, Ketua RW 08 Rungkut Mapan Barat, Wahyu P Kuswanda mengatakan kegiatan itu untuk mendukung pencanangan lingkungan ramah anak yang telah dilakukan sejak satu tahun terakhir.

Lingkungan ramah anak, menurutnya tidak hanya pada kesehatan anak namun juga pencegahan aksi kekerasan terhadap anak.

"Kami mengukuhkan pos curhat RW 08 yang diisi kegiatan curhat bareng para wanita dan ibu-ibu RW 08 membahas peran ibu-ibu dalam pencegahan aksi kekerasan anak," kata Ketua RW 08 Rungkut Mapan Barat, Wahyu P Kuswanda.

Fasilitas pendukung kenyamanan anak-anak turut dibangun, seperti tempat bermain, taman dan kegiatan yang melibatkan anak-anak seperti kesenian dan olahraga.

Acara tersebut juga dihadiri petugas kesehatan, kader posyandu, kepala puskesmas, ketua PKK kelurahan maupun kecamatan, polisi dari Polsek Rungkut dan Danramil Rungkut.

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved