Angin Kencang Terjang Jember, Sejumlah Pohon Tumbang

Hujan deras kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Jember, Selasa (19/2/2019). Di sejumlah kecamatan, hujan deras disertai angin kencang

Angin Kencang Terjang Jember, Sejumlah Pohon Tumbang
SURYA/HANIF MANSHURI
Pohon yang tumbang melintang di Jalan 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Hujan deras kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Jember, Selasa (19/2/2019). Di sejumlah kecamatan, hujan deras disertai angin kencang. Hembusan angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

Dari laporan sejumlah pemangku jabatan di beberapa kecamatan di Jember, pohon tumbang itu antara lain terjadi di Kecamatan Sumberbaru, Mumbulsari, Jenggawah, dan Ajung.

Dari pantauan Surya, hujan mulai melanda sejak pukul 13.00 Wib. Sampai pukul 16.30 Wib, hujan masih turun di beberapa kawasan. Angin kencang dilaporkan berhembus dan menyebabkan sejumlah pohon tumbang sekitar pukul 13.15 Wib.

Camat Jenggawah Jumari melaporkan, pohon tumbang di wilayah kerjanya terjadi di Dusun Jatirejo Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah. Pohon tumbang itu melintang di jalan raya penghubung antar desa.

"Pohon tumbang akibat angin kencang, sempat menyebabkan kemacetan di jalan raya Dusun Jatirejo. Warga membersihkan pohon dengan memakai alat seadanya," ujar Jumari kepada Tribunjatim.com.

Bupati Bojonegoro Curhat Tak Punya Bandara, Tol dan Laut, Emil Dardak Akan Intensifkan Komunikasi

Laga Timnas U-22 Vs Malaysia, Indra Sjafri Minta Suporter Tak Mencaci Lagu Kebangsaan Malaysia

Lesehan, Warga Binaan Lapas Lamongan Ikuti Pendidikan Demokrasi

Sementara di Kecamatan Sumberbaru, pohon tumbang terjadi di sekitar SPBU Yosorati. "Untuk pohon tumbang di dekat SPBU Yosorati sudah tertangani berkat partisipasi masyarakat dibantu aparat dan teman-teman PLN Tanggul," terang Kapolsek Sumberbaru AKP Subagio kepada Tribunjatim.com.

Pohon tumbang juga terjadi di Desa Kawangrejo Kecamatan Mumbulsari. Kapolsek Mumbulsari AKP Suhartanto mengabarkan pohon tumbang melintang di jalan mengenai kabel listrik.

Mengacu pada prakiraan cuaca yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Kilmatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Surabaya, hujan dalam intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang melanda sejumlah kawasan di Jawa Timur pada Selasa (19/2/2019). Kawasan itu antara lain Jember, Malang, Tulungagung, juga Trenggalek.

Dampak angin kencang ini menambah data jumlah bencana alam di Kabupaten Jember di bulan Februari ini. Sebelumnya pada Sabtu (16/2/2019), angin kencang juga angin puting beliung menyebabkan kerusakan di enam kecamatan di Jember.

Melansir data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, akibat angin kencang pada Sabtu (16/2/2019) sore itu, berdampak pada 11 kelurahan dan desa di enam kecamatan.

Dampak yang ditimbulkan antara lain kerusakan rumah, fasilitas pendidikan, tempat ibadah, fasilitas transportasi, kendaraan, warung, juga pergudangan. Bangunan yang rusak akibat diporak-porandakan angin, maupun tertimpa pohon yang tumbang. Kerusakan rumah berdampak pada 129 KK, sementara ada dua orang yang terluka.

Fasilitas transportasi yang rusak satu unit yakni bangunan Bandara Notohadinegoro Jember. Jalan menuju bandara itu juga sempat tertutup oleh pohon tumbang. Namun pada Minggu (17/2/2019) kerusakan sudah diperbaiki dan operasional bandara kembali normal. Pohon yang tumbang juga sudah dibersihkan. (Sri Wahyunik/TribunJatim.com).

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved