Warga Mojokerto ini Ubah Ban Bekas jadi Barang yang Berharga Tinggi

Djaenuri (40) warga Dusun Gayaman, Desa Gayaman RT RW 1, Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto menyulap ban bekas menjadi bermacam barang bernilai ekonomis

Warga Mojokerto ini Ubah Ban Bekas jadi  Barang yang Berharga Tinggi
danendra/surya
Djaenuri dibantu satu karyawan tengah menggarap tong sampah dari ban bekas pesanan pelanggan di teras rumah, Selasa (19/2) 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Djaenuri (40) warga Dusun Gayaman, Desa Gayaman RT RW 1, Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto menyulap ban bekas menjadi bermacam barang bernilai ekonomis.

Van bekas itu digunakan Bapak 3 anak ini sebagai bahan dasar membuat produk tong sampah, pot bunga, dan sofa.

Saat ditemui di rumahny, Djaenuri dan satu pegawainya nampak sibuk memotong ban bekas motor matic menggunakan pisau silet. Ban bekas itu di potong tipis oleh Djaenuri dengan sekitar 1 cm hingga menjadi lembaran.

"Nantinya, Lembaran lembaran ban bekas itulah yang digunakan sebagai bahan tempat sampah, pot, dan sofa. Saya menggunakan ban bekas bagian luar," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Tak seberapa lama, Djaenuri berjalan ke dalam rumah. Dia kembali ke teras dengan mendekap tong sampah dan sofa. Dirinya ke luar masuk rumah beberapa kali untuk mengambil produk ban bekas buatannya yang di simpan di ruang tamu. Produk itu diletakkan berjajar di teras rumah.

"Seperti ini contoh produk ban bekas buatan saya," ucapnya sembari terengah-engah.

Usai memperlihatkan produknya Djaenuri kembali melanjutkan memotong ban bekas. Lembaran ban bekas sepanjang 5 meter itu disatukan hingga membentuk lingkaran. Setelah itu, Djaenuri memaku di setiap sisi-sisinya.

"Saya sedang membuat tong sampah. Setelah lembaran berbentuk lingkaran, tinggal menambahkan dasaran tempat tong sampah yang terbuat dari talang. Kemudian masuk ke tahap pengecatan. Saya memakai cat besi dan tembok," celetuknya.

Bupati Sidoarjo Saiful Illah Beri Dukungan untuk Fandi Utomo

Perayaan Hari Musik Nasional, Festival Jazz Tanjung Perak Berubah Tempat, Catat Update Terbarunya!

Tong sampah buatan Djaenuri dicat dengan bermacam warna. Dirinya juga menambahkan motif bunga.

Dia menerangkan, cara membuat sofa dari ban bekas, prosesnya serupa dengan membuat pot maupun tempat tong sampah. Namun, ada beberapa tambahan bahan yakni kayu dan besi untuk penopang serta kain CCI.

Halaman
123
Penulis: Danendra Kusuma
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved