Listrik Padam Kembali Normal di Jember, Perbaikan dari PLN Terus Berlanjut Pasca Angin kencang

245.119 rumah pelanggan listrik yang mengalami pemadaman akibat kerusakan fasilitas kelistrikan paska angin puting beliung di Jember sudah menyala.

Listrik Padam Kembali Normal di Jember, Perbaikan dari PLN Terus Berlanjut Pasca Angin kencang
sri wahyunik/surya
Petugas PLN perbaiki jaringan yang rusak akibat angin kencang di Tegalbesar Kaliwates Jember 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - 245.119 rumah pelanggan listrik yang mengalami pemadaman akibat kerusakan fasilitas kelistrikan paska angin puting beliung di Jember, Sabtu (16/2/2019) kini sudah menyala semua.

Berdasarkan data dari PLN Area Jember - Lumajang per Rabu (20/2/2019) listrik di ribuan rumah itu sudah menyala.

Pasokan listrik kembali normal setelah fasilitas kelistrikan diperbaiki semua, antara lain 849 gadru distribusi yang awalnya padam kini sudah menyala 100 persen, juga 45 tiang listrik yang patah dan roboh juga sudah diperbaiki. Sementara 2 penyulang dari 14 penyulang yang padam sudah kembali menyala.

"245.119 pelanggan sudah menyala semua. Pelanggan ini yang terdampak akibat angin puting beliung pada Sabtu (16/2/2019) lalu, dan semuanya sudah menikmati listrik kembali," kata Manajer PLN Area Jember - Lumajang, Ardian Egusfi, Rabu (20/2/2019).

Angin Puting Beliung Sebabkan Listrik Padam selama 4 Hari di Perumahan Griya Permata Buana Jember

Jika 245 ribu lebih rumah pelanggan ini sudah menyala, berarti rumah warga yang mengalami listrik padam sampai empat hari juga sudah kembali menikmati listrik.

Warga yang mengalami empat hari pemadaman antaa lain terjadi di Perumahan Griya Permata Buana Kelurahan Tegalbesar Kecamatan Kaliwates.

Meski lebih dari 245 ribu rumah pelanggan sudah kembali menyala, petugas PLN masih mengerjakan perbaikan di kawasan Unit Pelanggan Ambulu. Sebab di kawasan itu mengalami pemadaman kelistrikan paska angin kencang melanda, Selasa (19/2/2019) sore.

Diterpa Angin dan Listrik Padam, Khofifah Bakar Semangat Relawan JKSN Pamekasan Pakai Megafon

"Recovery kelistrikan masih berlanjut karena hujan dan angin kencang kemarin sore, menyebabkan pohon tumbang dan mematahkan dua tiang beton dan meretakkan satu tiang beton pengantar SUTM 20 Kv di wilayah kerja ULP Ambulu," lanjut Ardian.

Peristiwa itu membuat listrik ke rumah 96.325 pelanggan padam. Namun pada Rabu (20/2/2019), petugas PLN sudah menormalkan pasokan listrik ke 82.806.

Petugas masih mengerjakan proses normalisasi pasokan listrik ke rumah pelanggan tersisa sekitar 13 ribu pelanggan. Pemadaman di wilayah kerja Ambulu ini melanda beberapa desa di Kecamatan Ambulu, Mumbulsari, dan Tempurejo.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved