Areal Patung Totok Kerot di Kecamatan Ngasem Kediri Bakal Dipercantik

Areal patung Totok Kerot di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri bakal direvitalisasi. Rencananya kawasan di seputaran patung bakal dib

Areal Patung Totok Kerot di Kecamatan Ngasem Kediri Bakal Dipercantik
(Surya/Didik Mashudi)
Patung Totok Kerot yang ada di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. 

 TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Areal patung Totok Kerot di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri bakal direvitalisasi. Rencananya kawasan di seputaran patung bakal dibangun taman dan tempat bermain.

Sejumlah pengunjung menyambut baik rencana pembangunan taman. Selain menjadi lokasi tempat rekreasi patung Totok Kerot juga menjadi tempat edukasi wisata sejarah.

"Patung Totok Kerot khan sudah banyak dikenal melalui cerita rakyat. Sehingga kalau dibangun taman bakal semakin banyak pengunjungnya," ungkap Sumiran (54), salah satu pengunjung kepada tribunjatim, Selasa (26/2/2019).

Dijelaskan, selama ini patung Totok Kerot yang merupakan arca Dwarapala itu telah banyak dikenal melalui cerita sejarah.

"Pembangunan taman di sekitar Totok Kerot akan menjadi lokasi wisata edukasi, sekaligus memberdayakan potensi peninggalan sejarah di Kediri," ungkapnya kepada Tribunjatim.com.

Perbandingan Reaksi Hotman Paris-Verrell Bramasta Tentang Kabar Natasha Wilona-Frank Hutapea Dekat

Paula Verhoeven Semprot Baim Wong yang akan Beli Semua Dagangan Penjual Kopi, Mau Baik Dimanfaatin

Kisah Babe Basko, Mantan Kernet Angkot Berpenghasilan Rp300 yang Kini Punya Garasi Penuh Mobil Mewah

Sebelumnya Kantor BPCB Trowulan telah melakukan penggalian di pintu masuk saat dilakukan perluasan jalan untuk meneliti peninggalan sejarah lainnya.

Sementara Putut Agung Subekti, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Kediri menjelaskan, pembangunan taman di sekitar patung Totok Kerot dilakukan dalam tahun ini.

Pemkab Kediri sudah melakukan pembebasan lahan di sekitar lokasi patung. Selanjutnya bakal dibangun taman sehingga kawasan sekitarnya dapat lebih berkembang.

"Tamannya nanti untuk mendukung keberadaan patung Totok Kerot sehingga menjadi ruang publik sekaligus menjadi ruang terbuka hijau (RTH)," jelasnya.

Saat ini perencanaannya masih disusun bakal ditindaklanjuti dengan pembangunannya. "Soal berapa anggarannya belum bisa disebutkan sekarang," tambahnya.

Keberadaan taman nanti diharapkan semakin menambah taman dan RTH baru serta meningkatkan kualitas RTH di Kabupaten Kediri. Selain di patung Totok Kerot, taman juga dibangun di lahan eks Korcam Papar dan di wilayah Kecamatan Kepung.(dim/TribunJatim.com).

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved