Hati-hati Pada Obat Nyeri yang Ces Pleng, Bisa Jadi Mengandung Steroid

dr Hendry Ricardo H, Sp OT dari Rumah Sakit Ortopedhi menyarankan untuk berhati-hati meminum obat nyeri.

Hati-hati Pada Obat Nyeri yang Ces Pleng, Bisa Jadi Mengandung Steroid
TRIBUNJATIM.COM/HEFTY SUUD
dr Hendry Ricardo H, Sp OT saat mencontohkan cara melakukan peragangan nyeri sendi dalam talkshow bertema Hidup Sehat Tanpa Nyeri di Singgasana Hotel Surabaya, Rabu (20/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pernahkah Anda mengalami nyeri sendi? Apakah Anda terbiasa untuk meminum obat guna meredakannya? dr Hendry Ricardo H, Sp OT dari Rumah Sakit Ortopedhi menyarankan untuk berhati-hati meminum obat nyeri.

"Kita harus waspada, kalau minum obat nyeri yang ces pleng. Sekali minum langsung hilang nyerinya, bisa jadi obat tersebut mengandung steroid," ungkap Hendry.

Lanjutnya, obat anti radang dengan nama belakang 'son', antara lain methylprednisolone, dexamethasone, dan betametason. Obat-obat tersrbut harus dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter.

"Untuk obat-obat tersebut, jangan coba untuk mengonsumsi atau mengatur dosisnya sendiri," tukasnya.

Ia bercerita, pernah mendapati pasien berusia 40 tahun yang mengalami kerusakan sendi dan otot karena meminum obat-obatan tersebut secara bebas.

"Jadi kalau terasa nyeri dia minum obatnya. Kalau nyerinya hilang, berhenti. Besoknya lagi nyeri, dikasih satu obat nggak mempan, dia makan dua. Dosisnya dinaikkan sendiri, untuk menghilangkan nyerinya. Itu bahaya," papar Hendry.

Lanjutnya, kasus kerusakan sendi dan otot di usia dewasa akan lebih sulit bahkan tidak bisa sembuh. Sebaliknya, penderita usia muda, masih ada harapan untuk pulih.

Hendry menyarankan, mengatasi masalah nyeri sendi, sebenarnya dapat dilakukan tanpa obat, yaitu dengan berisitirahat dan kompres air dingin.

"Kalau nyeri yang karena habis jatuh, baiknya kompres dengan air dingin, lalu istirahat," tutur Hendry

Selanjutnya, ketika masalah nyeri sendi sudah teratasi, langkah selanjutnya adakah menjaga kondisi sendi dengan streching, strenghtening, dan kompres air hangat.

"Olahraga itu sangat penting untuk menjaga kesehatan sendi. Kalau habis olahraga terasa pegal, linu, kesemutan, kompres dengan air hangat, selagi tidak memiliki riwayat sakit jantung ataupun radang. Air hangat berfungsi untuk melancarkan sirlukasi darah, melonggarkan otot yang kaku," jelasnya.

Konser LIDA 2019 Top 48 Grup 12 Jumat (1/3/2019), Tonton di Link Live Streaming Indosiar

Ahmad Dhani Tolak Perpanjangan Masa Penahanan, Kejati Jatim: Mau Tidak Mau itu Tetap Berjalan

BREAKING NEWS - Kecelakaan di Tol Madiun, Fortuner Seruduk Truk, Tiga Orang Tewas

Hendry menambahkan, metode olahraga untuk setiap orang berbeda-beda, ketika mulai merasa pegal atau nyeri sebaiknya segera berhenti. Sebab, tubuh membutuhkan proses untuk menerima beban olahraga.

Ia pun menyarankan konsumsi vitamin B 12 untuk menutrisi sendi otot dan saraf. Jenis vitamin B 12 antara lain mecobalamin, methycobal dan lapibal. Menurutnya, vitamin tersebut pun baik untuk penggunaan jangka panjang.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved