Warga Sampang Mengeluh Kartu PKHnya Terblokir, Koordinator PKH Angkat Bicara

Wasiah, warga asal Desa Rapa Laok Kecamatan Omben Kabupaten Sampang mengaku terkejut karena kartu Program Keluarga Harapan miliknya terblokir

Warga Sampang Mengeluh Kartu PKHnya Terblokir, Koordinator PKH Angkat Bicara
TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Koordinator PKH Kabupaten Sampang, Nanang Muldianto Saat dikonfirmasi ke ruangannya di Kantor Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH) Jalan Rajawali No. 7 Kecamatan/Kabupaten Sampang, Jumat (1/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Wasiah, warga asal Desa Rapa Laok Kecamatan Omben Kabupaten Sampang mengaku terkejut dan kecewa karena kartu Program Keluarga Harapan (PKH) miliknya tiba-tiba terblokir.

Menanggapi hal ini, Koordinator PKH Kabupaten Sampang, Nanang Muldianto mengatakan pemblokiran kartu PKH bukan kewenangan Dinas Sosial, Jumat (1/3/2019).

"Pemblokiran itu murni di lakukan oleh pihak Bank BNI Karena terjadi Double Setting Wallet atau double kredit saldo Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang mengakibatkan dana bantuan sosial PKH juga tidak bisa dilakukan melalui buku tabungan," ujanya.

"Dan Pihak Bank BRI juga tidak bisa melakukan buka blokir, dikawatirkan Saldo BPNT juga dapat diambil tunai melalui Teller. Status kartu diblokir tersebut hanya dialami oleh KPM perluasan 2017," tambahnya.

(Penerima Bantuan PKH di Jombang Disebut Gadaikan Kartu Keluarga Sejahtera ke Rentenir)

(Terdesak Kebutuhan, Penerima Bantuan PKH di Jombang Diduga Gadaikan KKS)

Terkait BPNT, tiap keluarga akan menerima bantuan sebesar Rp 110.000 atau setara dengan 10kg beras. Hal itu tidak bisa dikurangi atau pun dibagi kepada yang bukan penerima bantuan.

"Untuk nominal yang diterima KPM itu bervariasi, sesuai dengan kriteria masing-masing," kata Nanang Muldianto kepada TribunMadura.com.

Menanggapi pengumpulan kartu PKH, Nanang menjawab tindakan itu dilakukan oleh pihak pendamping yang ada di daerah.

"tugas pendamping hanya mensosialisasikan serta mengarahkan saja, tidak boleh memegang kartu, apalagi sampai meminjam dan melakukan pengolektivan," jelasnya.

Reporter: TribunMadura.com, Hanggara Pratama

(Ibu Ini Lihat Langsung Putrinya yang Sakit Dipaksa Layani Hidung Belang Saat Sakit Batuk Berdarah)

(Ramalan Kesehatan Zodiak Minggu, 3 Maret 2019: Taurus Perlu Olahraga, Virgo Sensi, Scorpio Stres)

Penulis: Hanggara Pratama
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved