Belajar Seni Airbrush Otodidak, Kini Zezen Bisa Pasarkan Produk Kerajinannya hingga Luar Negeri

Muhammad Zainudin membuat produk Kaos Lukis Wajah Airbrush. Bermula dari belajar keterampilan teknik airbrush secara otodidak.

Belajar Seni Airbrush Otodidak, Kini Zezen Bisa Pasarkan Produk Kerajinannya hingga Luar Negeri
SURYA.CO.ID/ERWIN WICAKSONO
Zezen menujunjukkan proses produksi kaus sketsa wajah dengan metode airbrush di rumahnya yang berlokasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Minggu (3/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Keterampilan yang dimiliki oleh Muhammad Zainudin tak disangka-sangka mengantarkannya meraup pundi-pundi uang.

Belajar kesenian "Airbush" secara otodikak, tak dilewatkan  begitu saja oleh Zainudin.

Kini, pria yang sempat kuliah jurusan olahraga di IKIP Budi Utomo Malang, tahun 2004 silam itu terus mengasah keterampilannya hingga menghasilkan karya yang ia namakan, Kaos Lukis Wajah Airbrush.

Di rumah sederhananya yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, merupakan tempat bagi Zainudin untuk berkarya.

Awalnya, Zainudin memang tidak berkecimpung pada airbrush kaus. Namun pada airbrush otomotif, seperti sepeda motor dan mobil.

"Sejak 3 tahun lalu, pangsa pasar kurang luas untuk otomotif. Akhirnya, saya cari teroboson bagaimana karyaku bisa laku ke luar kota bahkan ke luar negeri. Akhirnya medianya saya alihkan ke kaos," terang pria yang akrab disapa Zezen itu, Minggu (3/3/2019).

Pemilik Bisnis Casa Indika di Amerika Ingin Sumbangkan Hasil Bisnisnya untuk Kegiatan Sosial

Zezen seakan menemukan jalannya saat bergelut pada produksi kaus airbrush.

Ia menyebut melukis di kaos menggunakan airbrush bukan perkara mudah. Apalagi melukis wajah seseorang.

Dibutuhkan keahlian khusus kata Zezen. Beruntung, ia sudah dibekali skill otodidak melukis wajah yang ia pelajari dari kakaknya yang merupakan pelukis nasional. Bernama, Jumatono.

"Catnya agak kental kalau melukis di kaos, akhirnya pengerjaan jadi ribet. Tingkat kesulitannya itu, kalau ada kesalahan ya harus berhasil. Misal ada coretan ya kita harus bisa kamuflase itu. Memang harus telaten melukis wajah harus presisi," ujar pemilik workshop Zezen Art'Brush.

Halaman
123
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved