Wabup Jember : Semuanya Pahlawan Pejuang Penolak Tambang

Pemerintah Desa (Pemdes) Pace, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember menggelar tasyakuran paska dicabutnya lembaran tambang emas Blok Silo dari Keputusan M

Wabup Jember : Semuanya Pahlawan Pejuang Penolak Tambang
sri wahyunik/surya
Warga Silo melakukan long march dari gedung dewan ke Pemkab Jember 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemerintah Desa (Pemdes) Pace, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember menggelar tasyakuran paska dicabutnya lembaran tambang emas Blok Silo dari Keputusan Menteri ESDM. Tasyakuran yang digelar di Balai Desa Pace itu dalam bentuk pengajian umum dan pembacaan shalawat, Selasa (5/3/2019).

Wakil Bupati Jember KH Abdul Muqit Arief menghadiri pengajian dan shalawatan itu. Pengisi pengajian umum itu adalah KH Azzaim Ibrahimy, pengasuh Ponpes Salafiyah Safi'iyah, Sukorejo, Asembagus, Situbondo.

Kepala Desa Pace M Farohan menuturkan, tasyakuran itu diikuti oleh warga Desa Pace.

"Kami bersyukur karena menteri mencabut keputusan perihal tambang emas Blok Silo. Ini sesuai dengan keinginan warga kami yang tidak menghendaki adanya tambang di sini," kata Farohan kepada Tribunjatim.com.

Dia berharap setelah ini dan seterusnya, kondisi desanya terus kondusif dan tentram. Tidak ada lagi gejolak warga karena menolak tambang.

PCNU Jember Resmi Nyatakan Penolakan Tambang Silo di Jember

5 Fakta Surat Ahmad Dhani ke El Rumi yang Disita Polisi, Bahas Keluarga hingga Penjelasan Pengacara

Kasus Andi Arief Bukti Peredaran Narkoba Kian Memprihatikan, Maruli : UU Narkotika Perlu Direvisi

"Apalagi sekarang tahun politik, kami berharap desa kami aman, tentram, dan tidak ada lagi kekhawatiran karena tambang dan saling curiga," tegasnya kepada Tribunjatim.com.

Sementara itu, Wabup Jember KH Abdul Muqit Arief menegaskan keberhasilan pencabutan lampiran Blok Silo dari Kepmen ESDM itu merupakan keberhasilan semua pihak.

"Ini adalah perjuangan bersama, jadi juga keberhasilan bersama. Jika bertanya siapa pahlawannya, maka semuanya adalah pahlawan. Warga yang berdemo, ada 8 ribu warga yang berdemo, baik petani juga ibu-ibu muslimat. Kiainya berdoa dan beristighosah. Mahasiswa ikut beraksi dan mendampingi. Organisasi lingkungan juga ikut mengadvokasi. Pemerintah juga ikut mengajukan sidang non litigasi ke Kementerian Hukum dan HAM. Jadi kalau ditanya siapa yang jadi pahlawan, maka semuanya adalah pahlawan," ujar Muqit.

Muqit lantas menceritakan cerita penolakan warga Pace dan sekitarnya yang menolak tambang sejak lama. Jika ditambang, Blok Silo akan berdampak kepada empat desa. Karenanya warga dari empat desa di Kecamatan Silo, yakni Pace, Mulyorejo, Harjomulyo, dan Karangharjo menolak rencana pemerintah pusat yang memberikan izin eksplorasi dan ekspploitasi tambang emas di Blok Silo.

Penolakan dilakukan sejak lama. Penolakan makin menguat paska keluarga Kepmen ESDM tahun 2018 tentang wilayah izin usaha pertambangan di Indonesia. Salah satu lampiran menyebut WIUP Blok Silo untuk material emas.

Warga pun menolak.

"Semuanya berperan menolak. Bahkan para kiai yang diundang ngaji di acara pernikahan juga secara khusus mengajak berdoa untuk menolak tambang. Semuanya berperan, sampai akhirnya Presiden Jokowi menginstruksikan jika memang warga tidak menghendaki, maka sebaiknya dicabut. Akhirnya memang dicabut," tegas Muqit.

Selanjutnya, Muqit meminta warga Desa Pace dan tiga desa lain di sekitar Pegunungan Gumitir menjaga lingkungan, terutama kawasan hutan.

"Jangan hanya ditanami kopi dan tanaman semusim saja, tapi tolong tanami pohon tegakan, tanaman keras untuk menghindari banjir dan longsor. Lahan sekitar 25 meter di sisi kiri dan kanan lorong jalan harus ditanami tanaman keras," pinta Muqit kepada Tribunjatim.com.

Selain itu, Pemkab Jember saat ini sedang mengupayakan pengubahan Rencana Tata Ruang Wilayah Silo sebagai kawasan pertanian dan perkebunan, bukan kawasan tambang. (Sri wahyunik/TribunJatim.com).

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved