Daftar 15 Kabupaten di Jawa Timur Alami Bencana Banjir, Paling Parah Madiun

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur menyebut ada 15 kabupaten yang saat ini sedang mengalami bencana banjir.

Daftar 15 Kabupaten di Jawa Timur Alami Bencana Banjir, Paling Parah Madiun
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Kondisi banjir di Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun, Kamis (7/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur menyebut ada 15 kabupaten yang saat ini sedang mengalami bencana banjir.

Yang terparah, ada di Kabupaten Madiun. Di mana banjir terjadi di 8 kecamatan dan merendam 39 desa.

"Saat ini ada 15 kabupaten yang banjir secara bersamaan. Kita sedang lakukan upaya penanganan dengan kerja sama dengan pemerintah daerah dalam menyalurkan bantuan dan evakuasi warga," kata Kepala BPBD Jawa Timur Suban Wahyudiono.

(Trenggalek Diterjang Banjir Setinggi Hingga 2 Meter, Tim SAR Terjun Evakuasi Warga)

(Banjir yang Menggenangi Rumah Warga di Dusun Jambe Banjar Kemantren Sidoarjo Mulai Surut)

Berikut rincian 15 kabupaten yang sedang alami banjir di Jawa Timur lengkap dengan keterangan penyebab dan kondisi kerusakan.

1. Kabupaten Madiun
Banjir akibat meluapnya sungai Jeroan yg merupakan anak sungai Madiun. Banjir merendam 39 Desa, 8 Kecamatan wilayah Kabupaten Madiun.

2. Kabupaten Nganjuk
Bajir luapan air sungai kuncir Desa Sonopatik Berbek. Air menggenangi jalan raya dan pemukiman warga di 8 Dusun, 3 Kelurahan, 12 Desa, 6 Kecamatan dengan ketinggian 10 - 100 cm.

3. Kabupaten Ngawi
Banjir akibat meluapnya sungai Bengawan Madiun, rumah warga yang terdampak sebanyak 4.490 KK di 18 Desa, 6 Kecamatan, Kabupaten Ngawi. Air dengan ketinggian 50 - 100 cm.

4. KabupatenMagetan
Banjir akibat meluapnya air sungai ke jalan Desa dari RT 13 s/d RT 17 Ds. Ngelang, Kecamatan Kartoharjo, Kabuaoten Magetan. Ketinggian air mencapai 125 cm serta menggenangi rumah warga sejumlah 284 rumah.

5. Kabupaten Sidoarjo
Banjir Luapan sungai Avoer Krembung II. Banjir berdampak pada rumah tergenang sebanyak 498 KK di 3 Desa dengan ketinggian 20 - 40 cm.

6. Kabupaten Kediri
Banjir akibat air luapan di Desa Gempolan Kec. Gurah, Kab. Kediri, menyebabkan SDN Gembolan 1 terendam air setinggi 30-50 cm.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved