Debit Air Sungai Brantas di Rolak Songo Mojokerto Masih Dalam Batas Normal

Status debit air Sungai Brantas di pintu dam Rolak Songo perbatasan antara Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto masih dalam batas normal.

Debit Air Sungai Brantas di Rolak Songo Mojokerto Masih Dalam Batas Normal
danendra/surya
Sebanyak 8 pintu air sungai brantas di dam rolak songo dibuka untuk menyeimbangkan debit air 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Status debit air Sungai Brantas di pintu dam Rolak Songo perbatasan antara Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto masih dalam batas normal.

Meskipun Mojokerto diguyur hujan sedari siang. Namun, Dari pantauan Surya di lokasi, arus air Sungai Brantas begitu deras.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto Muhammad Zaini menyebutkan, debit air Sungai Brantas mencapai 876,96 M³/Dtk. Sedangkan Untuk ketinggiannya mencapai 250 Cm dan elevasi 17,79 M.

"Debit air masih aman dan normal. Sebanyak 8 pintu dam yang mengarah ke sungai porong kami buka untuk menyeimbangkan debit air," katanya saat dihubungi Surya melalui sambungan telepon, Kamis (7/3).

Karena debit air normal, masyarakat tak perlu khawatir akan luapan air Sungai Brantas. Yang perlu diwaspadai masyarakat yakni angin kencang. Sebab, akhir-akhir ini Kabupaten Mojokerto diguyur hujan deras disertai angin kencang.

Persib Bandung Kalah, Teriakan Radovic Out Terdengar di Stadion Si Jalak Harupat, Tonton Videonya!

Pohon Tumbang Dekat Kantor PMK Buduran Sidoarjo, Arus Lalu Lintas Tersendat Satu Jam

Banjir di Tol Madiun, 20 Polisi PJR Polda Jatim Siaga 24 Jam Rekayasa Contraflow Hingga Air Surut

Seperti tadi pagi sekitar pukul 07.00 Desa Tawangrejo, Jatirejo, Kabupaten Mojokerto diterpa angin kencang dan hujan. Akibatnya, satu pohon dan tiang PJU roboh.

Beruntungnya lokasi robohnya pohon dan tiang listrik jauh dari pemukiman warga. Namun, pohon dan tiang listrik yang roboh itu menutup badan jalan penghubung antar dusun.

"Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kami langsung menuju lokasi setelah mendapat laporan warga adanya pohon dan tiang listrik roboh. Kami bahu membahu bersama warga mengevakuasi pohon dan tiang listrik," tandasnya.

Selain mengakibatkan pohon tumbang dan tiang listrik roboh, dampak dari derasnya hujan juga membuat tanggul sungai di Dusun bangkal, Desa candiarjo, Ngoro jebol. Tanggul itu jebol hinga sepanjang 8 meter.

"Akibat tanggul jebol, sawah seluas 30 hektare milik sebagian warga terendam air. Beruntungnya air cepat surut, sehingga tak merusak padi. Saat ini warga dan dinas PUPR melakukan pembenahan," tandasnya.(nen/TribunJatim.com).

Penulis: Danendra Kusuma
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved