Khofifah Ingin Bangun Islamic Science Park di Jatim Seperti Islamic Finance Tower di Inggris

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menggagas pusat ekonomi syariah di Jawa Timur.

Khofifah Ingin Bangun Islamic Science Park di Jatim Seperti Islamic Finance Tower di Inggris
SURYA.CO.ID/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun langsung meninjau penyebab banjir yang merendam 39 desa di delapan kecamatan di Kabupaten Madiun, yaitu di tanggul Sungai Jeroan, Kamis (7/3/2019) 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menggagas pusat ekonomi syariah di Jawa Timur.

Untuk mewujudkan mimpi ini, pemerintah provinsi Jatim akan membangun Islamic Science Park sebagai pusat edukasi sekaligus wisata muslim di Jatim berbasis internasional.

"Kami mimpi lama sekali. Saya termasuk yang punya mimpi Indonesia bisa menjadi centra Sukuk Market dunia," kata Khofifah ditemui di sela rapat pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) bersama DPRD Jatim di Gedung DPRD Jatim, Jumat (8/3/2019).

Ia lantas mencontohkan beberapa pusat syariah di dunia yang justru berada di negara dengan mayoritas berpenduduk non muslim. Misalnya Islamic Finance Tower yang berada di London, Inggris.

"Saya seringkali menyampaikan bahwa ada Islamic Finance Tower di London. Kok di London? Sehingga, kami punya mimpi Islamic Finance Tower ada di Indonesia," kata perempuan yang juga menjabat Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama ini kepada Tribunjatim.com.

Penemuan Struktur Bangunan yang Diduga Peninggalan Purbakala di Malang akan Dieskavasi

Masjid Al Khalid di Kota Kediri Luncurkan ATM Beras

Empat Orang yang Diselamatkan Pengendara Mobil di Tol Ngawi-Kertosono Terseret Banjir

Sebagai Gubernur Jatim, pihaknya memiliki mimpi yang lebih spesifik. Pihaknya ingin ada pusat ekonomi syariah seperti Islamic finance Tower berdiri di provinsi berpenduduk lebih dari 40 juta jiwa ini.

"Nantinya, di tempat itu akan ada edukasi, arena wisata, art, entertain, sehingga, kami menyebutnya dengan Islamic Science Park," jelas Khofifah kepada Tribunjatim.com.

Saat ini, pihaknya tengah merancang bentuk dan konsep proyek yang diperkirakan menghabiskan lahan sekitar 40 hektar ini. Rencananya, lokasi Islamic Science Park akan berada di Kabupaten Bangkalan, tepatnya di kaki Jembatan Suramadu.

"Rencananya, gambar-gambar akan ditampilkan pada 17 Maret di acara Milennial Fun Walk. Milennial Fun Walk akan berangkat dari Surabaya melewati Suramadu. Di pojok Suramadu, wilayah Bangkalan, nantinya ada display Islamic Science Park," jelasnya.

Apabila rencana ini mendapat persetujuan dari OPD dan juga DPRD Jatim, maka rencana ini akan masuk menjadi program pemerintahan provinsi.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved