Luapan Sungai Lamong di Gresik, Tambak dan Sawah Tergenang, Petani Rugi Jutaan

Banjir luapan Kali Lamong, masih menggenangi beberapa ruas jalan pemukiman warga, di Desa Dungus Kecamatan Cerme Gresik.

Luapan Sungai Lamong di Gresik, Tambak dan Sawah Tergenang, Petani Rugi Jutaan
TribunJatim/Sugiyono
BANJIR - Akses jalan desa yang dekat sungai Kali Lamong sudah mulai terendam banjir, Jumat (3/3/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Banjir luapan Kali Lamong, masih menggenangi beberapa ruas jalan pemukiman warga, di Desa Dungus Kecamatan Cerme Gresik.

Sepeti yang dialami Giyo (65), warga Desa Dungus, Kabupaten Gresik mengatakan, banjir yang kedua ini lebih besar dibandingkan sebelumnya.

"Banjir Kali Lamong ini lebih besar, dan ini masih ada genangan di jalan," kata Giyo, usai pulang dari sawahnya yang terendam banjir, Sabtu (9/3/2019).

Akibat banjir kiriman tersebut beberapa rumah warga yang ada di dataran rendah tergenang banjir. Namun, warga sudah menyiapkan diri dengan memindahkan barang-barang berharga di tempat yang tinggi.

"Syukurlah banjir cepat surut, sehingga sehingga tidak terlalu lama kebanjiran," imbuhnya.

Tanggul Jebol, Banjir Tahunan Bengawan Solo dan Sungai Kali Lamong Kembali Genangi Wilayah Gresik

Profil Kezia Toemion, Bos Kosmetiik yang Resmi Menjadi Istri Putra Bungsu Bambang Trihatmodjo

Luapan Air Bengawan Solo, Banjir di Lamongan Meluas Capai 16 Desa di 5 Kecamatan, 481 Rumah Terendam

Dampak dari banjir luapan Kali Lamong juga dialami Juri (65), warga Desa Dungus, Kecamatan Cerme, akibat luapan banjir, membuat tambak miliknya yang baru diisi ikan akhirnya tergenang banjir. Mem buat ia mengalami kerugian yang cukup besar.

"Total modal membeli benih ikan seharga Rp 465.000, kemudian mengeruk kedalaman tambak Rp 1,2 Juta, dan pupuk hampir Rp 450.000. Jika ditotal hampir Rp 2 Juta lebih," kata Juri.

Banjir kali Lamong yang terjadi setiap tahun ini menjadi bencana alam bagi petani, sebab tanaman di sawah dan tambak sering terendam banjir. "Bagaimana lagi, banjir tidak bisa dilawan," imbuhnya. (Sugiyono/TribunJatim.com).

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved