Meningkatkan Kesigapan Tangani Bencana, BPBD Pamekasan Gelar Penyusunan Kajian Bimbingan Teknis

BPBD Pamekasan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk kajian kebutuhan Pasca Bencana tahun 2019 yang dilaksanakan di Hotel Cahaya Berlian.

Meningkatkan Kesigapan Tangani Bencana, BPBD Pamekasan Gelar Penyusunan Kajian Bimbingan Teknis
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Suasana Bimbingan Teknis untuk kajian kebutuhan Pasca Bencana tahun 2019 di hotel Cahaya Berlian, Kabupaten Pamekasan, Senin (11/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - BPBD Pamekasan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk kajian kebutuhan Pasca Bencana tahun 2019 yang dilaksanakan di Hotel Cahaya Berlian, Jalan Raya Panglegur, Kabupaten Pamekasan, Senin (11/3/2019).

Bimtek yang diikuti 50 Perseta dari TNI-Polri, OPD terkait, camat, juga Tagana juga Tim Reaksi Cepat (TRC) tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Pamekasan, Rajae

Dalam sambutannya Wakil Bupati Pamekasan Rajae mengatakan, menyambut baik pelaksanaan bimtek.

Pihaknya juga berharap para peserta bisa mengikuti bimtek sampai selesai sehingga benar-benar mampu menerapkan apa yang nantinya dipelajari.

Peringati Hari Perempuan Internasional, Puluhan Perempuan Keliling Bagi Bunga & Orasi di Pamekasan

Harga Udang Vaname di Pamekasan Anjlok, Petambak Ngaku Merugi, Hanya Bisa Cukupi Biaya Operasional

"Dengan adanya bimtek ini, kami menyambut baik, dengan harapan kita mempunyai personil-personil yang memiliki kamampuan tinggi dalam mengkaji kebutuhan Pasca Bencana," ujar Bupati Rajae.

Kepala Pelaksana BPBD Pamekasan Akmalul Firdaus menjelaskan, Bimtek penyusunan kebutuhan pasca bencana ini merupakan tahapan dalam rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

"Dari penilaian dan kerugian kerusakan bencana dari aspek-aspek maupun kebutuhan manusia," ungkapnya.

Firdaus juga menambahkan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami mengenai konsep pengkajian kebutuhan pasca bencana.

"Peserta nantinya diharapkan bisa manpu dalam menilai kerusakan, kerugian, gangguan akses, gangguan fungsi dan pengurangan resiko bencana," pungkas Akmalul Firdaus.

Perlu diketahui, narasumber bimtek tersebut mendatangkan pembicara dari BPBD provinsi, Bambang Agus Legowo dan dari mahoni Cakra saujana Yogyakarta Rurit Haryanto, yang akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 11 sampai dengan 12 Maret 2019.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Melia Luthfi Husnika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved