Ditjen Polpum Kemendagri Gelar Forum Dialog Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Surabaya

Dirjen Polpum Kemendagri, Mayjen TNI Purn Soedarmo beberkan ada tiga subtansi yang perlu ditekankan kepada para Kepala Badan Bakesbangpol

Ditjen Polpum Kemendagri Gelar Forum Dialog Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Surabaya
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA
Dirjen Polpum Kemendagri (berbaju putih), Soedarmo saat menghadiri Forum dialog peningkatan kesadaran bela negara dalam rangka peningkatan karakter bangsa bagi aparatur dan masyarakat di daerah, yang diselenggarakan di Hotel Grand Darmo, Jalan Progo, Surabaya, Selasa (12/3/2019)  

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan dialog peningkatan kesadaran bela negara dalam rangka peningkatan karakter bangsa bagi aparatur dan masyarakat di daerah.

Forum yang diselenggarakan di Hotel Grand Darmo, Jalan Progo, Surabaya, Selasa (12/3/2019) tersebut, dihadiri oleh Dirjen Polpum Kemendagri, Mayjen TNI Purn Soedarmo.

Dalam arahannya, Soedarmo mengatakan ada tiga subtansi yang perlu ditekankan kepada para Kepala Badan Bakesbangpol dari seluruh penjuru tanah air yang hadir dalam acara tersebut.

(Malang Corruption Watch Minta Rekrutmen Dirut PDAM Kota Malang Transparan dan Sesuai Permendagri)

(Mendagri Kembali Ingatkan Netralitas ASN di Pemilu 2019, Tapi Juga Komitmen Sukseskan Pemilu)

"Yang pertama adalah upaya peningkatan kesadaran bela negara, sosialisasi Inpres no 7 tahun 2018, yang ketiga adalah menyongsong Pemilu 2019 yang aman dan damai," kata Soedarmo saat ditemui usai acara.

Penguatan kesadaran bela negara ini menurut Soedarmo sangat perlu untuk meminimalisasi konflik jelang Pemilu serentak 2019.

"Penguatan bela negara bukan militerisme, tapi merupakan hak dan kewajiban masyarakat untuk meningkatkan ketahanan nasional, salah satunya adalah meningkatkan nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI," kata Soedarmo.

Sedangkan Inpres tahun 2018 sendiri adalah Inpres Rencana Aksi Nasional Bela Negara 2018-2018 untuk menyelaraskan dan memantapkan upaya Bela Negara.

"Inpres ini akan menjadi rujukan pedoman penyelenggaraan bela negara melengkapi Permendagri no 38 tahun 2018 tentang pedoman peningkatan kesadaran bela negara di daerah," kata Soedarmo.

Dan yang terakhir adalah tugas Bakesbangpol untuk ikut mengamankan dan mensukseskan pelaksanaan pemilu serentak yang juga merupakan bentuk dari bela negara.

(Mendagri Sebut Industri di Indonesia Sudah Siap Bersaing Hadapi Revolusi Digital 4.0)

(DPRD Konsultasi ke Kemendagri soal Persiapan Pembentukan Pansus Pemberhentian Wali Kota Blitar)

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved