Entas Kemiskinan di Malang, Pemerintah Pusat Beri 261.450 Ekor Ayam Pada Ribuan Rumah Tangga Miskin

Entas Kemiskinan di Malang, Pemerintah Pusat Beri 261.450 Ekor Ayam Pada Ribuan Rumah Tangga Miskin.

Entas Kemiskinan di Malang, Pemerintah Pusat Beri 261.450 Ekor Ayam Pada Ribuan Rumah Tangga Miskin
SURYA/ERWIN WICAKSONO
Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Malang, Nurcahyo menerima kunjungan jajaran Pusat Veteriner Farma Surabaya, di Pendopo Peringgitan Agung Kabupaten Malang, Selasa (12/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Dinas Peternakan Kabupaten Malang bersama Pusat Veteriner Farma Surabaya memastikan akan menyerahkan 261.450 ekor ternak kepada rumah tangga miskin (RTM) di Kabupaten Malang.

Bantuan ternak itu merupakan bantuan pemerintah pusat, sebagai langkah menekan kemiskinan di daerah.

Menanggapi bantuan tersebut, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Malang Nurcahyo menuturkan, bantuan ini sebagai langkah solutif untuk pengentasan kemiskinan.

Digerebek di Rumahnya, Polisi Sita 27 Poket Sabu dari Tangan Pengedar Narkoba Asal Kota Malang

Diduga Konsleting, Toko Sepeda di Lawang Malang Hangus Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 1,5 Miliar

Nurcahyo berharap masyarakat bisa diberdayakan dengan adanya bantuan ternak ayam tersebut

"Bantuan itu (ternak ayam) baru pertama kalinya di Kabupaten Malang. Kami berharap ini menjadi penunjang untuk program-program bantuan sebelumnya," tutur Nurcahyo di Pendopo Peringgitan Agung Kabupaten Malang, Selasa (12/3/2019).

Tingkatkan Pengetahuan Literasi Desa, DPAD Kabupaten Malang Sambangi Kecamatan Giatkan Perpusdes

Nurcahyo membeberkan, selama ini peternak ayam di Kabupaten Malang memang sudah dapatkan subsidi pakan ternak yang diprogramkan oleh Kementrian Pertanian (kementan).

Pada tahun  2018 lalu saja, keseluruhan bantuan pakan ternak yang digelontor kementan bagi peternak di Kabupaten Malang mencapai 10 ribu ton.

"Ada bantuan pakan jagung, kalau sebelumnya peternak keberatan dengan harga Rp 6000 per kilogram. Tapi dengan adanya subsidi ini mereka cukup membeli dengan harga Rp 4000 saja per kilogram," tandas Nurcahyo.

Turut hadir dalam kunjungan ke Pendopo Peringgitan Agung, Kepala Pusat Veteriner Farma Surabaya, drh Agung Suganda menjelaskan bantuan ternak ayam bakal diserahkan ke 5229 rumah tangga miskin (RTM) di Kabupaten Malang.

"Tentunya ini bertujuan untuk berdayakan rumah tangga miskin dan bisa menjadi alternatif sumber pendapatan tambahan," terang Agus.

Lebih detail, Agung menerangkan, para penerima bantuan RTM ini ditentukan berdasarkan basis data terpadu (BDT) dari Kementrian Sosial.

Basis data tersebut dilakukan pada akhir Maret mendatang.

Kegiatan basis data meliputi sosialisasi serta verifikasi. Bulan Juli mendatang menjadi target distribusi program bantuan kepada rumah tangga miskin di Kabupaten Malang.

"Bantuan yang akan diberikan antara lain berupa 50 ekor ayam untuk masing-masing RTM (rumah tangga miskin), bantuan pakan sebanyak 150 kilogram dan paket vitamin serta desinfektan.

Selain itu kami serahkan juga bantuan dana sebesar Rp 500 ribu yang akan disalurkan melalui program padat karya tunai," jelas Agung.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved