Pemilu di Musim Hujan, Dirjen Polpum Kemendagri Soroti Kesiapan Kantor Kecamatan Tampung Kotak Suara

Mayjen TNI Purn Soedarmo mendorong Bakesbangpol setiap daerah untuk memantau setiap tahapan persiapan Pemilu di masing-masing daerahnya.

Pemilu di Musim Hujan, Dirjen Polpum Kemendagri Soroti Kesiapan Kantor Kecamatan Tampung Kotak Suara
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA
Dirjen Polpum Kemendagri (berbaju putih), Soedarmo saat menghadiri Forum dialog peningkatan kesadaran bela negara dalam rangka peningkatan karakter bangsa bagi aparatur dan masyarakat di daerah, yang diselenggarakan di Hotel Grand Darmo, Jalan Progo, Surabaya, Selasa (12/3/2019)  

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Mayjen TNI Purn Soedarmo mendorong Bakesbangpol setiap daerah untuk memantau setiap tahapan persiapan Pemilu di masing-masing daerahnya.

Salah satu yang menjadi sorotan Soedarmo adalah kesiapan kantor kecamatan sebagai tempat penyimpanan kotak suara yang lebih banyak dibandingkan Pemilu atau Pilkada sebelumnya.

"Ini harus diperhitungkan, apakah kecamatan mampu memuat kotak suara yang sebegitu banyak," kata Soedarmo, Selasa (12/3/2019).

Kagumi Sikap Jan Ethes, MUA Beberkan Perilaku Cucu Jokowi Saat Pemotretan, Puji Didikan Selvi Ananda

Belum lagi jika ada bencana alam seperti banjir.

"Terutama Jawa Timur, ini kan 17 kabupaten/kota baru terkena banjir, ini harus dipikirkan alternatif tempat yang lain," kata Soedarmo.

Masalah banjir ini, lanjutnya, harus benar-benar diperhatikan mengingat material kotak suara yang tidak sekokoh sebelumnya.

Serap Aspirasi Warga Nahdliyin di Pelosok Jatim, BPN Optimis Prabowo-Sandi Raup Suara Dominan

"Kalau dulu kan pakek aluminium, jadi lebih tahan air, kalau yang sekarang sepertinya lebih rentan kemasukan air, nah kalau sampai airnya masuk terus surat suaranya rusak jadi masalah juga," ujar Soedarmo.

Selain penyimpanan kotak suara, Bakesbangpol juga diminta Soedarmo memantau dan memetakan potensi-potensi gangguan yang dapat menghambat kelancaran Pemilu 2019 sebagai tindak lanjut dari UU no 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Yuk Subscribe YouTube Channel TribunJatim.com:

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved