Sepanjang Tahun Jatim Bakal Tanam Jagung, Atasi Kelangkaan Jagung yang Dikeluhkan Peternak Ayam

Provinsi Jawa Timur bakal menanam jagung sepanjang tahun guna mengatasi masalah kelangkaan jagung yang tahun lalu sempat dikeluhkan para peternak aya

Sepanjang Tahun Jatim Bakal Tanam Jagung, Atasi Kelangkaan Jagung yang Dikeluhkan Peternak Ayam
SETPRES ISTANA KEPRESIDENAN
Presiden Joko Widodo sedang berdialog dengan petani di sela panen jagung di Kabupaten Tuban, Jumat (9/3/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Provinsi Jawa Timur bakal menanam jagung sepanjang tahun guna mengatasi masalah kelangkaan jagung yang tahun lalu sempat dikeluhkan para peternak ayam petelur.

Meski Jawa Timur masuk dalam provinsi penghasil dan penyuplai kebutuhan jagung nasional, nyatanya para peternak ayam Jawa Timur banyak mengeluhkan persediaan jagung yang langka di waktu-waktu tertentu.

Langkah menanam jagung sepanjang tahun di Jatim ini dipastikan usai Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bertemu dengan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Sumarjo Gatot Irianto di Gedung Grahadi, Selasa (12/3/2019) pagi.

"Kita sama-sama mendengar dengar peternak ayam petelur terutama dari Blitar mengeluhkan ada kesulitan akses jagung, sementara jagung itu 50 persen bahan pakan ternak ayam," kata Khofifah yang diwawancara usai pertemuan dengan Dirjen Tanaman Pangan.

Dari pertemuan tersebut, Dirjen Tanaman Pangan memberikan solusi antisipasi agar kelangkaan jagung di Jawa Timur tidak terulang dan dapat diselesaikan. Caranya yaitu dengan memperbanyak penanaman jagung di awra persawahan.

"Maka benihnya akan disiapkan dirjen tanaman pangan. Nanti malam saya akan koordinasikan dengan bupati-bupati di Madura dan LMDH, supaya sama-sama dapat pemetaan sebetulnya lahan kita berapa yang bisa ditanami jagung," tegas Khofifah kepada Tribunjatim.com.

Reino Barack Tak Dikenali Petugas Keamanan, Huniannya Pernah Disorot Media Luar Negeri

Hotman Paris Mau Jadikan Luna Maya Pacar, Ditolak Sekaligus Klarifikasi Kabar Soal Faisal Nasimuddin

Seorang Napi Kasus Pencurian Kabur Dari Lapas Tulungagung

Jalani Sidang Lanjutan Ahmad Dhani Kenakan Peci Imamah

Masa tanam jagung hanya 90 hari. Dalam tiga bulan saja petani sudah bisa memanen hasil jagung yang ditanam. Dengan proses yang cepat seharusnya Jawa Timur ke depan aman aman stok jagungnya untuk memenuhi kebutuhan untuk konsumsi maupun untuk pakan ternak.

Khofifah menarget paling lambat pekan depan benih jagung dari Kementerian Pertanian sudah didapatkan oleh petani jagung di Jawa Timur. Termasuk para Lembaga Mayarakat Desa Hutan (LMDH) yang lahannya bisa ditanami jagung.

"Nanti malam kita rapat, supaya minggu depan benih sudah bisa disuplai seluruh petani jagung. Untuk LMDH saya ingin spesifik support mereka supaya penyejahteraan masyarakat desa hutan bisa lebih cepat," tandas wanita yang juga mantan Menteri Sosial ini.

Di sisi lain, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Sumarjo Gatot Irianto mengatakan, menanam jagung sepanjang tahun di Jawa Timur sangat memungkinkan. Sebab masa tanam jagung itu mulai Januari hingga Desember.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved