Wali Kota Risma Berharap UMKM Surabaya Fokus Menggali Potensi Pasar dalam Negeri: Pasar Kita Besar

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini berharap para pelaku UMKM fokus potensi pasar dalam negeri.

Wali Kota Risma Berharap UMKM Surabaya Fokus Menggali Potensi Pasar dalam Negeri: Pasar Kita Besar
SURYA.CO.ID/PIPIT MAULIDIYA
Wali Kota Risma (berkerudung) saat menjadi pemateri Bincang Kompas, Jumat (15/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini berharap para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Pahlawan Ekonomi (PE) dan Pejuang Muda (PM) fokus potensi pasar dalam negeri.

Wali Kota Risma mengungkapkan dia menyadari hal ini ketika banyak sekali UMKM yang menyasar pasar luar negeri, namun gagal bahkan makin rugi karena tidak bisa memenuhi standard yang ditetapkan dunia internasional.

"Sebetulmya pasar kita ini besar sekali. Justru kalau orientasinya keluar, saya khawatir pasar yang besar ini diambil dari luar," kata Wali Kota Risma, saat menjadi pembicara di acara Bincang Kompas bertajuk Tanggung Jawab Swasta dalam Mengakselerasi UMKM, Jumat (15/3/2019).

Update Pembangunan Underpass Jalan Mayjen Sungkono, Risma: Mudah-mudahan Akhir Maret Selesai

Tri Rismaharini Jajal Mobil Berteknologi Hidrogen dari Inggris, Nggak Ada Suaranya Sama Sekali

“Baru kalau sudah terpenuhi pasar dalam negeri, bisa keluar. Jangan ngelirik ke luar dulu kalau belum apa-apa,” kata Wali Kota Risma.

Risma menyadari pendapatan yang diperoleh ketika menggarap pasar luar negeri memang cukup tinggi karena bayaran dolar.

"Enak memang dapat dolar, apalagi ada perbedaan kurs tinggi. Tapi, ini sangat rentan sekali, kena ombak sedikit saja berat. Kita memang orientasinya ke dalam negeri dulu, orang luar saja lirik pasar kita," sergahnya.

Saat ini yang paling penting bagi para pelaku UMKM adalah kualitas produk dengan harga sesuai. Artinya, kalau harganya rendah dan kualitasnya jelek, maka itu akan sangat sulit bersaing dengan produk-produk dari luar negeri.

"Tapi, kalau kita dapat harga tinggi dengan kualitas bagus, maka mereka bisa saving. Sebenarnya itu permainanya. Jadi bukan mesti harus ekspor karena potensi kita luar biasa. Justru jangan sampai potensi yang besar ini diambil oleh orang lain," katanya mengingatkan UMKM lagi.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved