Foto Pembangunan Jembatan Lama Kediri Dipajang di Mall

Foto - foto tempo dulu pembangunan Jembatan Lama, Kota Kediri dipajang di selasar Kediri Town Square. Ada sekitar 20 foto yang ditampilkan oleh kolekt

Foto Pembangunan Jembatan Lama Kediri Dipajang di Mall
(Surya/Didik Mashudi)
Pameran foto yang memperlihatkan sejarah pembangunan Jembatan Lama Kota Kediri di Kediri Town Square, Selasa (19/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Foto - foto tempo dulu pembangunan Jembatan Lama, Kota Kediri dipajang di selasar Kediri Town Square. Ada sekitar 20 foto yang ditampilkan oleh kolektor foto Imam Mubarok.

"Foto yang kami tampilnya juga ada foto saat Jembatan Lama diresmikan pada 18 Maret 1869. Ada juga foto jembatan pada era kemerdekaan," jelas Imam Mubarok kepada tribunjatim, Selasa (19/3/2019).

Diungkapkan, dari hasil pelacakannya, beberapa foto ditemukan pada 2013. Hasilnya Jembatan Lama yang telah menjadi salah satu ikon Kota Kediri ternyata sejarahnya sangat luar biasa.

"Jembatan yang dibangun Belanda ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Karena konstruksinya merupakan konstruksi besi pertama yang dibangun di Jawa," jelasnya.

Selain itu Jembatan Lama merupakan jembatan konstruksi besi tertua di dunia. Malahan Jembatan Lama lebih tua dibanding dengan jembatan Broklin yang menghubungkan New Jersey City dan Manhatam di New York Amerika.

Imam Mubarok mengharapkan, dengan digelar pameran foto sejarah Jembatan Lama masyarakat ikut serta menjaga dan melestarikan.

Apalagi jembatan yang di masanya populer disebut Brug Over den Brantas te Kediri ini sudah dicanangkan sebagai bangunan Cagar Budaya.

Diskusi Batal Karena Diduga Ada Tekanan Ormas, Rocky Gerung: Itu Artinya Takut Pada Perbincangan

Ratusan Rumah Terdampak Banjir di Dua Kecamatan di Jember

Ada Situs Sekaran, PT Jasa Marga Pandaan-Malang Siap Geser Ruas Jalan Tol atau Hentikan Bangun Tol

"Kami berterima kasih kepada Pemkot Kediri usulan yang telah kami ajukan sejak 2013 baru terwujud sekarang," katanya kepada Tribunjatim.com.

Imam Mubarok menyebutkan koleksi foto-foto Jembatan Lama diperoleh dari arsip fotografer lama dari Belanda. "Foto-foto sejarah Jembatan Lama ini milik kita bersama," ungkapkan.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan apresiasi digelarnya pameran foto sejarah Jembatan Lama. Diharapkan foto-foto sejarah ini bermanfaat bagi para generasi penerus.

"Foto-foto sejarah jembatan ini sangat bagus dipamerkan. Malahan saya berharap foto-foto ini juga dapat dipajang di Kantor Pemkot Kediri," jelasnya.

Beberapa foto yang dipamerkan memperlihatkan saat pembangunan konstruksi Jembatan Lama yang dirancang oleh Sytze Westerbaan Muurling. Termasuk foto struktur rancangan jembatan yang menggunakan konstruksi besi.

Sedangkan alas dan trotoar jembatan memakai bahan dari kayu jati. Beberapa bagian kayu jembatan ini sudah banyak yang lapuk.

Ada juga foto Jembatan Lama yang dipenuhi dengan pernak pernik lampu hias. Hiasan lampu di Jembatan Lama ini menjadi saksi pernikahan Ratu Belanda Putri Yuliana dengan Pangeran Bernhard pada 7 Januari 1937.

Sementara data pembangunan Jembatan Lama diperoleh dari sumber buku dari Belanda dengan judul "Nieuw Nederlandsch Biografisch Woordenboek".(didik mashudi/Tribunjatim.com)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved