Bidik Segmen Menengah, Kospin Pracico Inti Utama Siap Gelontorkan Pinjaman Syariah

Potensi pasar pembiayaan syariah di Indonesia sangat besar, mengingat jumlah penduduk pemeluk agama Islam di Indonesia merupakan terbesar.

Bidik Segmen Menengah, Kospin Pracico Inti Utama Siap Gelontorkan Pinjaman Syariah
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Pracico Inti Utama (PIU), Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah di bawah naungan holding company Multi Inti Sarana Group (MIS Group) hadir dan giat memberikan layanan kepada para anggotanya dengan mengedepankan prinsip kerja sama, bagi hasil, dan saling menguntungkan. 

TRIBUNJATIM.COM - Potensi pasar pembiayaan syariah di Indonesia sangat besar, mengingat jumlah penduduk pemeluk agama Islam di Indonesia merupakan terbesar di dunia.

Hal ini merupakan modal awal untuk menarik ke pembiayaan syariah, dengan memberikan kemudahan pelayanan dan margin yang bersaing.

Menurut pengamat ekonomi syariah, Misbahul Ulum, ekonomi syariah Indonesia merupakan gerakan masyarakat dari bawah dan berkembang secara natural tanpa adanya aturan keistimewaan dari pemerintah.

Momen Time to Buy Jadi Pendorong Pakuwon Group Gelar Expo Properti Pertama di Awal 2019

"APBN kita tidak mengalokasikan khusus ditempatkan di perbankan syariah. Demikian juga pembiayaan, tidak ada insentif apapun ketika kita melakukan pembiayaan dengan sistem syariah," katanya.

Dia mengatakan, berbeda dengan Malaysia, di mana perkembangan ekonomi didasari oleh keinginan yang kuat dari pemerintah, sehingga berbagai aturan baik funding ataupun pembiayaan, ada keberpihakan pemerintah, seperti penempatan dana APBN dan berbagai insentif terhadap pembiayaan syariah.

Melihat peluang yang begitu besar, Pracico Inti Utama (PIU) yang merupakan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah di bawah naungan holding company Multi Inti Sarana Group (MIS Group) hadir dan giat memberikan layanan kepada para anggotanya dengan mengedepankan prinsip kerja sama, bagi hasil, dan saling menguntungkan.

Panduan Lengkap Cara Cek Pengumuman SNMPTN 2019, Hasil Diumumkan Hari Ini 22 Maret 2019

Saat ini PIU memiliki dua produk andalan, yaitu Simpanan Berjangka Mudharabah Beriman dan Pembiayaan Syariah Murabahah Beriman.

Jumlah anggotanya saat ini sekitar 300 orang dan hingga akhir 2019 ditargetkan sekitar 500 orang.

Diakui CEO PIU, Djamil Hasyim, kehadiran PIU sebagai kospin dan pembiayaan syariah mendapat respons positif dari anggota.

Meskipun baru beroperasi April tahun 2018 lalu, koperasi ini memiliki produk simpanan berjangka dari para anggotanya yang sudah mencapai Rp 472,6 miliar pada akhir tahun lalu.

Gandeng Bank Mandiri, Banyuwangi Gelar Maraton yang Ajak Peserta Susuri Perkotaan dan Perdesaan

Halaman
123
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved