31 Ribu Anak di Mojokerto Sudah Punya Kartu Identitas Anak (KIA)

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Mojokerto telah menerbitkan 31000 Kartu Identitas Anak (KIA).

31 Ribu Anak di Mojokerto Sudah Punya Kartu Identitas Anak (KIA)
Tribunnews.com
KIA atau Kartu Identitas Anak. 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Mojokerto telah menerbitkan 31000 Kartu Identitas Anak (KIA).

"Kami telah menerbitkan KIA sejak tahun lalu yakni tanggal 27 November. Hingga kini proses penerbitan KIA masih berlangsung," kata Kepala Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto, Bambang Eko Wahyudi saat dihubungi Surya, Minggu (24/3).

Bambang menerangkan, KIA diperuntukkan bagi anak di bawah usia 17 tahun dan belum menikah. Ada dua jenis KIA yakni untuk usia 0-5 tahun dan 5-17 tahun.

"Kami masih menerbitkan KIA untuk anak dengan usia 5-17 tahun. Untuk anak usia 0-5 tahun ke bawah foto mereka belum keluar di sistem kami, jadi belum kami terbitkan," ucap Bambang.

(Dispendukcapil dan Dispendik Kota Surabaya Sudah Siap Berduet Wujudkan Kartu Identitas Anak)

(Polda Jatim Ciduk Pemalsu Dokumen dan Kartu Identitas, Pelaku Bisa Dapat Paling Murah Rp 500 Ribu)

"Sebenarnya bisa kami menerbitkan KIA untuk anak 0-5 tahun, tetapi kami lebih memprioritaskan kepada anak yang benar membutuhkan, seperti melanjutkan jenjang sekolah berikutnya," tambahnya.

Pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Saat mendaftar sekolah, para murid bisa menunjukkan KIAnya.

Di dalam KIA sudah tercantum daftar, tanggal lahir, dan data kependudukan.

"Jadi mereka tak perlu lagi membawa KK dan Akte saat mendaftar masuk ke SMP atau sebaliknya anak TK mau mendaftar ke SD. Sebab di dalam KIA sudah ada data KK dan Akte," ucap Bambang.

"Selain itu data tersebut sudah terkonek ke server Dispendukcapil. KIA juga bisa digunakan untuk pencarian BOS (Dana Operasional Sekolah)," lanjutnya.

Selain digunakan untuk keperluan pendidikan, KIA juga bisa digunakan untuk mengurus Paspor atau pembuatan tabungan.

Halaman
12
Penulis: Danendra Kusuma
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved