Untuk Konservasi Alam, Pemkab Trenggalek dan Desa Akan Patungan Beli Bibit Bambu

Di sela-sela kegiatan touring bersama para biker ke Pantai Kili-kili, lahir sebuah deklarasi Satu Aksi Trenggalek Bersih

Untuk Konservasi Alam, Pemkab Trenggalek dan Desa Akan Patungan Beli Bibit Bambu
SURYA/DAVID YOHANES
Plt Bupati Trenggalek, Muchammad Nur Arifin menyerahkan bibit bambu hasil donasi para pemotor kepada pegiat lingkungan di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Di sela-sela kegiatan touring bersama para biker (pemotor) ke Pantai Kili-kili, Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, lahir sebuah deklarasi.

Deklarasi dengan nama Satu Aksi Trenggalek Bersih ini mengawali kampanye perilaku berwawasan lingkungan di seluruh Trenggalek.

Seperti mengurangi emisi dan melakukan penghijauan, mengur

angi penggunaan plastik dan melakukan kerja bakti bersih-bersih lingkungan setiap minggu.

Selain deklarasi ini juga mendorong Pemkab Trenggalek hingga Pemdes tanggap terhadap isu perubahan iklim, dan bersinergi dengan cita-cita global dalam menyelamatkan lingkungan.

(Ride for The Earth, Cara Unik Plt Bupati Trenggalek Menggalang Kepedulian Lingkungan Penggemar Motor)

(Bersihkan Sampah, Wakil Bupati Sidoarjo Nyemplung Kali Bersama Siswa-Siswi SMP dan SMA)

“Dulu kita bisa melihat, sungai jernih, hutan hijau dan laut bersih. Tapi sekarang semua hanya ada dalam ingatan,” ujar Plt Bupati Trenggalek, Muchammad nur Arifin.

Dalam kesempatan ini pria yang akrab disapa Gus Ipin itu menggelar dialog dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Hasilnya disepakati sinergi anggaran antara Pemkab dan Pemerintah Desa untuk konservasi. Prioritasnya adalah pengadaan bambu.

Bambu dipilih karena pertimbangan ekologi dan ekonomi. Secara ekologi, bambu bisa mengikat tanah dengan kuat, sehingga cocok untuk area lereng yang rawan longsor.

Gus Ipin yakin, dengan adanya bambu tidak lagi perlu beton-beton penahan longsor.

Halaman
12
Penulis: David Yohanes
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved