Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko Launching Ojek Online Sampah, Sampah akan Diambil, Warga Dapat Uang

Wali kota Batu Dewanti Rumpoko menunjukkan kepedulian terhadap sampah. Ia membagikan tips mengatasi sampah yang ada di rumahnya.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko Launching Ojek Online Sampah, Sampah akan Diambil, Warga Dapat Uang
SURYA/SANY EKA PUTRI
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan jajaran berfoto bersama sepeda roda tiga yang difungsikan untuk ojek online di Kota Batu, Senin (25/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, BATU -  Wali kota Batu Dewanti Rumpoko menunjukkan kepedulian terhadap sampah. Ia membagikan tips mengatasi sampah yang ada di rumahnya.

Wali Kota Dewanti Rumpoko ternyata sudah mempersiapkan tenaga di rumahnya untuk memilah sampah. Seperti sampah kardus, plastik, sampah rumah tangga, dan lainnya sudah ia sendirikan.

"Saya tidak begitu mengurus sampah kalau di rumah, tetapi di rumah saya ini sudah ada tenaga yang memilah sampah. Jadi sampah kardus, plastik, koran, itu sudah disendirikan, sehingga sudah siap untuk di buang," kata Dewanti, Senin (25/3/2019).

Wali Kota Dewanti Rumpoko mengaku mendapati keluhan masyarakat yang kesulitan membuang sampah. Oleh karena itu ia juga melaunching ojek online sampah.

(Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko Minta Tak Boleh Ada Label Murahan di Wisata Batu: Harus Ada Ciri Khas)

(Kota Batu Raih Penghargaan APE 2018, Dewanti Pastikan Tidak Ada Kesetaraan Gender di Batu)

Ojek online sampah ini menjemput sampah yang ada di masyarakat.

"Tidak sekadar mengambil sampah, masyarakat juga harus memilah sampah dulu di rumah. Sehingga petugas tinggal mengambil sampah," imbuhnya.

Syarat untuk ikut mendapat layanan jemput sampah ojek online ini, pengguna harus menyiapkan sampah (yang sudah dipilah) adalah minimal 1 kilogram. Sampah yang bisa diangkut adalah sampah yang bisa didaur ulang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arief As Siddiq menambahkan, program ini menyiapkan tiga petugas ojek online di setiap kecamatan.

"Masyarakat punya sampah yang bisa didaur ulang, bisa hubungi petugas kami. Nanti dijemput pakai sepeda motor roda tiga," kata Arief.

(Dewanti Rumpoko Ingin Kota Batu Terapkan Sistem Pertanian Seperti di Fukushima Jepang)

(Dewanti Rumpoko Siap Promosikan Bibit Kentang Desa Sumber Brantas Kota Batu ke Luar Negeri)

Yang menarik, pengguna yang memilah dan membuang sampah daur ulangnya lewat program ini akan mendapat uang tunai sesuai jumlah sampahnya.

- Plastik bening bersih/kotor dihargai Rp 1400 per Kg,

- Plastik sablon/ bungkus Mie Instan/ bungkus deterjen dihargai  Rp 375 per Kg,

- Tas Plastik Kresek dihargai Rp 325 per Kg.

- Buku Tulis Rp 1800 per Kg,

Halaman
123
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved