Ada Kewajiban Kembalikan ke Pemerintah, Investor Bandara Kediri Pertimbangkan Lanjutkan Pembangunan

Investor Bandar Udara Kediri, PT Surya Dhoho Investama (SDI), sedang menimbang ulang kesediaannya untuk membangun Bandara Kediri.

Ada Kewajiban Kembalikan ke Pemerintah, Investor Bandara Kediri Pertimbangkan Lanjutkan Pembangunan
SURYA.CO.ID/DIDIK MASHUDI
Maket bandara Kediri yang berlokasi di wilayah Kecamatan Banyakan dan Grogol, Kabupaten Kediri. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Investor Bandar Udara Kediri, PT Surya Dhoho Investama (SDI), sedang menimbang ulang kesediaannya untuk membangun Bandara Kediri.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Fattah Jasin mengatakan, hal itu terjadi karena PT SDI baru mengetahui jika ada kewajiban konsesi setelah 30 tahun bandara tersebut beroperasi.

"PT SDI ini kaget waktu rapat di Kemenko Maritim, ternyata harus ada konsesi 30 tahun kembali ke pemerintah. Ya, mereka mikir-mikir. Tapi praktiknya, konsesi itu bisa diperpanjang," kata Fattah Jasin, Senin (25/3/2019).

Pemilih di Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri Praktik Cara Melipat Surat Suara Pemilu

Pakai Baju Tradisional, Puluhan Anak dan Dewasa Antusias Ikut Lomba Dakon di Mall Kediri

Fattah Jasin mengungkapkan, PT SDI baru mengetahui hal ini saat rapat koordinasi tentang pembangunan Bandara Kediri bersama Kementerian Perhubungan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) pekan lalu.

Akibatnya, peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Bandara Kediri yang semula dijadwalkan Maret 2019, harus mundur.

"Sama seperti Proyek SPAM Umbulan, 30 tahun konsesi harus balik dulu ke pemerintah, tapi teorinya bisa diperpanjang lagi, kok," kata Fattah Jasin.

Di Hadapan Pemuda Banyuwangi, Jokowi Ceritakan Kisah Hidupnya, Tinggal di Hutan hingga Jadi Presiden

KPU akan Dirikan Dua TPS Pemilu 2019 di Lembaga Pemasyarakatan Klas II Blitar

Jika ke depan PT SDI bersedia melanjutkan investasi pembangunan, kata Fattah, maka Bandara Kediri ini akan menjadi bandara pertama yang dikelola oleh swasta dengan Skema Investasi yang berlaku adalah Publik Private Partnership dengan sebagian besar pengelolaan akan dilakukan oleh investor.

"Nanti tanggal 1 April diundang lagi rapat koordinasi bersama Kemenko Maritim dan Kemenhub di Kantor Kemenko Maritim di Jakarta. PT SDI tentu diundang. Harapan kami jalan teruslah," ujarnya.

Yuk Subscribe YouTube Channel TribunJatim.com:

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved