FIM Resmi Nyatakan Winglet Ducati Legal, Andrea Dovizioso Tetap Jadi Kampiun MotoGP Qatar 2019

Winglet milik Ducati yang beberapa waktu terakhir menjadi polemik dinyatakan legal atau tak melanggar aturan.

FIM Resmi Nyatakan Winglet Ducati Legal, Andrea Dovizioso Tetap Jadi Kampiun MotoGP Qatar 2019
MOTOGP via Bolasport.com
Winglet Ducati yang memicu polemik pasca MotoGP Qatar 2019. 

TRIBUNJATIM.COM - Winglet milik Ducati yang beberapa waktu terakhir menjadi polemik dinyatakan legal atau tak melanggar aturan.

Hal itu diumumkan oleh Federasi Motor Internasional (FIM).

Perdebatan panjang terkait legalitas winglet yang terpasang di motor tiga pembalap Ducati, yakni Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Jack Miller berakhir pada Selasa (26/3/2019) waktu setempat.

Soal Polemik Winglet Ducati, Mantan Pembalap MotoGP Sebut Batas Pengembangan Aerodinamika Tak Jelas

Suzuki Ecstar Ungkap Alasan Ikut Memprotes Winglet Ducati di MotoGP Qatar 2019

Selain menyebut perangkat aerodinamika milik Ducati legal, sidang banding FIM juga telah mengonfirmasi bahwa tidak ada perubahan terhadap hasil balapan pada seri MotoGP Qatar 2019.

"Permintaan untuk menyatakan perangkat (Milik Ducati) ilegal dan melarang penggunaannya pada balapan di masa depan ditolak. Hasil perlombaan sementara telah dikonfirmasi dan dinyatakan sebagai hasil final," demikian penyataan resmi FIM yang dilansir BolaSport.com (TribunJatim.com Network) dari laman MotoGP.

Setelah hasil putusan itu, keempat tim penggugat yakni Honda, Aprilia, KTM, dan Suzuki masih diberikan kesempatan untuk mengajukan banding kembali tidak lebih dari lima hari usai hasil tersebut keluar.

Persebaya Vs Tira Persikabo, Djanur Harap Dua Pemainnya di Timnas Senior segera Bergabung dengan Tim

Arema FC Komentari Kekalahan Timnas U-23 dari Vietnam, Singgung Nama Egy Maulana dan Saddil Ramdani

"Banding terhadap keputusan ini dapat diajukan ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) di Lausanne, Swiss, dalam waktu lima hari sesuai dengan Pasal 3.9 Peraturan Grand Prix Kejuaraan Dunia FIM 2019," demikian pernyataan resmi FIM.

Dengan hasil putusan tersebut, penggunaan winglet Ducati pada seri-seri MotoGP berikutnya musim ini dipastikan akan tetap terjadi.

Sebelumnya, kemenangan Andrea Dovizioso pada seri MotoGP Qatar 2019, di Sirkuit Losail, Minggu (10/3/2019) malam waktu setempat, diiringi dengan protes dari beberapa tim rival.

Ducati dilaporkan menerima beberapa protes dari tim Aprilia, KTM, Honda, dan Suzuki, atas perangkat winglet yang dipakai Andrea Dovizioso.

Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di BolaSport.com dengan judul Hasil Sidang Banding MotoGP - FIM Legalkan Winglet Milik Ducati

Editor: Dwi Prastika
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved