Terkendala Biaya, Khadijah Bocah Penderita Gagal Ginjal Asal Kabupaten Pamekasan Tak Mampu Berobat

Khadijah (4) warga Dusun Sorok, Desa Campor, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, harus kuat menahan sakit karena menderita gagal ginjal.

Terkendala Biaya, Khadijah Bocah Penderita Gagal Ginjal Asal Kabupaten Pamekasan Tak Mampu Berobat
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Kondisi Khadijah saat digendong ibunya di rumahnya di Desa Campor, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Kamis (28/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Khadijah (4) putri dari Marzuki (39) dan Bunayyah (33) warga Dusun Sorok, Desa Campor, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, harus kuat menahan sakit karena menderita gagal ginjal.

Khadijah diketahui menderita penyakit gagal ginjal semenjak satu bulan yang lalu, namun sayang kedua orang tuanya tergolong keluarga yang tidak mampu sehingga putrinya hingga saat ini tidak dibawa kerumah sakit walaupun memiliki kartu BPJS kesehatan mandiri.

Menurut Marzuki, kartu BPJS Mandiri yang ia punya sudah tidak aktif, karena semenjak tahun 2014, dirinya sudah tidak mampu untuk membayar.

"Khadijah sebetulnya sudah saya bawa ke dokter spesialis anak dengan cara pinjam uang tetangga disini, dari hasil pemeriksaan, dokternya bilang anak saya menderita gagal ginjal," katanya, Kamis (28/3/2019).

INFO SEHAT - Bau Mulut Bisa Mendeteksi Munculnya 10 Penyakit ini: Diabetes hingga Gagal Ginjal

Menurut dokter yang menangani, anaknya harus segera dibawa kerumah sakit umum, akan tetapi untuk dibawa kesana ia terkendala dari kartu BPJS kesehatan yang tidak bisa dipakai karena Marzuki harus melunasi dulu tunggakan pembayarannya mulai tahun 2014.

"Mau dapat uang darimana saya untuk melunasi tunggakan pembayaran kartu BPJS kesehatan saya, sedangkan saya hanya sebagai pekerja serabutan, sementara kondisi khadijah semakin hari, semakin parah," ucap dia.

Sementara Plt. Kepala Dusun setempat, Mohammad Hasin mengatakan bahwa, pihaknya sudah berupaya untuk membantu keluarga Marzuki semampunya.

"Kami sudah berupaya membantunya dengan ngurus surat-surat yang diperlukan, kemudian mengantarnya ke dokter, namun kesulitan bagi kami adalah bagaimana mencari solusi untuk melunasi tunggakan kartu BPJSnya supaya bisa aktif lagi dan bisa dipakai untuk membawa Kahadijah kerumah sakit, kasihan anak ini biar cepat tertangani oleh medis," harap Hasin.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Melia Luthfi Husnika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved