Gubernur Khofifah Akan Buat SMK Khusus Kulit di Magetan, Topang Pengembangan Industri Olahan Kulit

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ingin dalam waktu dekat untuk membuat sekolah SMK baru dengan jurusan khusus kulit di Kabupaten Magetan.

Gubernur Khofifah Akan Buat SMK Khusus Kulit di Magetan, Topang Pengembangan Industri Olahan Kulit
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang ingin dalam waktu dekat untuk membuat sekolah SMK baru dengan jurusan khusus kulit di Kabupaten Magetan. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ingin dalam waktu dekat untuk membuat sekolah SMK baru dengan jurusan khusus kulit di Kabupaten Magetan.

Hal ini menyusul potensi industri kulit di Magetan yang besar bahkan masuk sebagai komoditas ekspor terbesar di Jawa Timur.

Namun masih kurang diimbangi dengan sumber daya manusia yang mampu mengolah kulit dengan baik dan layak jual.

"Ini karena pengolahan kulit di Magetan sendiri masih rendah. Artinya yang dijual dalam bentuk jadi nggak sampai 50 persen," kata Khofifah, Minggu (31/3/2019).

Khofifah Indar Parawansa Resmikan Kartu Jatim Berdaya, Pengusaha Dapat Pinjaman Lunak Bunga 6 Persen

Ganggu Lingkungan, Gubernur Jatim Khofifah Bakal Relokasi IPAL LIK Magetan

Kebanyakan kulit yang dijual masih belum olahan produk jadi.

Adapun yang sudah diolah dalam bentuk jadi, kualitasnya masih rendah dan kurang diminati oleh pasar.

Hal ini menjadi catatan tersendiri bagii Khofifah usai rapat dengan sejumlah bupati termasuk Bupati Magetan di Bakorwil Madiun beberapa waktu lalu.

"Saya sudah bicara langsung dengan bupatinya. Ternyata kendalanya adalah produk desain mereka, baik tas, fashion, dan sejenisnya itu masih old fashion, jadi kurang laku di jual," kata Khofifah.

Karena itu, dikatakan gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini, butuh ada peningkatan skill bagi masyarakat Magetan dalam mengolah dan menghasilkan produk jadi berbahan kulit.

Baik itu dalam bentuk pelatihan mendatangkan trainer. Serta melakukan investasi jangka panjang untuk peningkatan skill mengolah bahan kulit.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved