Kongres Air Minum di Jember Wujud Komitmen Pemenuhan Akses Air Bersih

Kongres Air Minum merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dalam pemenuhan akses air bersih bagi semua orang.

Kongres Air Minum di Jember Wujud Komitmen Pemenuhan Akses Air Bersih
sri wahyunik/surya
Kongres Air Minum di jember 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Kongres Air Minum merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dalam pemenuhan akses air bersih bagi semua orang.

Kongres Air Minum digelar oleh Pemkab Jember bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember di GOR PKPSO Jember, Selasa (2/4/2019).

KOngres Air Minum 2019 itu diikuti oleh ribuan orang. Mereka merupakan penerima bantuan sambungan air bersih dari PDAM. Tahun 2019 ini, Pemkab dan PDAM Jember memberikan bantuan sambungan gratis untuk 3.000 rumah tangga.

Sementara tahun 2018 telah tersambung sebanyak 1.007 sambungan air bersih. Program sambungan air bersih itu didanai oleh APBD Jember dan APBN.

Kongres yang dihadiri oleh Bupati Jember Faida dan 4.000 orang itu juga merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Air Sedunia.

“Ini adalah wujud dari komitmen Pemerintah Kabupaten Jember, bahwa air bersih adalah hak semua orang,” tegas Bupati Faida. Kongres ini mengambil tagline Pasang 4.000 Sambungan Gratis PDAM.

Sambungan gratis ini berkat gotong royong pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Pada tahun 2018, Pemkab Jember melalui APBD menyubsidi sebesar Rp 2 miliar. Anggaran ini meningkat pada tahun 2019 menjadi Rp 10 miliar.

Secara umum, penerima bantuan ini merupakan masyarakat berpenghasilan rendah. Namun secara khusus, bantuan diprioritaskan kepada keluarga dengan ibu hamil, juga keluarga dengan balita dan anak stunting.

“Air bersih adalah salah satu solusi menyelesaikan masalah balita stunting,” lanjut bupati berlatar belakang dokter tersebut. Prioritas juga diberikan kepada keluarga yang memiliki anak tahfidz minimal satu juz.

Penyambungan gratis ini juga sebagai apresiasi kepada para guru ngaji, keluarga kader posyandu, dan keluarga takmir masjid.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved