Naikkan Kuota, Pemerintah Gelontorkan Beasiswa Bidikmisi 2019 untuk 130 Ribu Orang

Pemerintah menaikkan kuota penerima beasiswa Bidikmisi 2019. Tahun ini, pemerintah menggelontorkan beasiswa Bidikmisi untuk 130.000 orang penerima.

Naikkan Kuota, Pemerintah Gelontorkan Beasiswa Bidikmisi 2019 untuk 130 Ribu Orang
SURYA/SRI WAHYUNIK
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, M Nasir usai memberikan kuliah umum di Gedung Soetardjo Universitas Jember, Minggu (7/4/2019). 

TRIBUNJATIM.COM JEMBER - Pemerintah menaikkan kuota penerima beasiswa Bidikmisi 2019.

Tahun ini, pemerintah menggelontorkan beasiswa Bidikmisi untuk 130.000 orang penerima.

Angka ini naik dibandingkan 2018 yang jumlahnya mencapai 90.000 orang.

"Tahun ini memang pemerintah menaikkan kuota penerima program beasiswa Bidikmisi dari 90.000 orang menjadi 130.000. Jadi total tahun ini baik yang on-going maupun yang baru jumlahnya mencapai 496.700 orang, atau nyaris setengah juta mahasiswa," kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, M Nasir usai memberikan kuliah umum di Gedung Soetardjo Universitas Jember, Minggu (7/4/2019).

Nagita Slavina Ramai Dikabarkan Hamil Lagi, Raffi Ahmad Beberkan Fakta Sebenarnya

Setelah Jodipan, Kini PT Indana Kembangkan Pariwisata Kampung Hijau di Desa Beji Kota Batu

Peningkatan kuota beasiswa Bidikmisi tersebut, menurut Nasir, merupakan komitmen pemerintah untuk mendorong pendidikan untuk anak dari keluarga tidak mampu.

"Sekaligus ini untuk memutus mata rantai kemiskinan dengan meningkatkan pendidikan. Karena kalau tidak diberikan, maka kemiskinan bisa semakin melebar," imbuh Nasir.

Dia menegaskan, faktor pendorong lain ditambahnya kuota beasiswa Bidikmisi tersebut juga karena tingkat kegagalan penerima Bidikmisi hanya 1 persen.

Melalui beasiswa tersebut, lanjutnya, diharapkan produk pendidikan Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara dunia.

"Kenaikan ini juga untuk memanfaatkan bonus demografi. Karena ketika tingkat sumber daya manusia Indonesia tidak naik maka akan menjadi petaka," tegas Nasir.

Di Kampus Unej, Nasir memberikan kuliah umum bertema 'membangun generasi milenial Indonesia yang berkarakter dengan semangat prestasi'.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved