Nasi Lemak, Menu Masakan Penang yang Rasanya Mirip Nasi Uduk

Apabila Anda berencana untuk makan malam di Jamoo Restaurant Shangri La Hotel Surabaya sekitar tanggal 10 sampai 18 April, Anda bisa mencoba menu spes

Nasi Lemak, Menu Masakan Penang yang Rasanya Mirip Nasi Uduk
hefty Suud/Tribunjatim.com
The Taste of Penang, sajian street food ala Penang di Jamoo Restaurant, Shangri La Hotel Surabaya. Nasi Lemak, salah satu menu dalam The Taste of Penang, sajian street food ala Penang di Jamoo Restaurant, Shangri La Hotel Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Apabila Anda berencana untuk makan malam di Jamoo Restaurant Shangri La Hotel Surabaya sekitar tanggal 10 sampai 18 April, Anda bisa mencoba menu spesial buffet bertema Taste Of Penang di sana.

Roberto Leone, Director of Food and Beverage Shangri-La Hotel Surabaya mengatakan, menu-menu yang diasajikan dalam tema tersebut, semuanya merupakan menu-menu street food terfavorit di Penang.

Buffet Taste of Penang, disajikan di salah satu sudut Jamoo Restaurant menggunakan gerobak, untuk membuat suasana street food yang kental. Beberapa menu yang disajikan adalah Penang Laksa, Mie Wonton, Lok Lok, Nasi Lemak, Kway Tiao, Es Cendol Gula Melaka dan Popiah.

Sous Chef Shangri La Hotel Surabaya, Dale Darryl Looh mengatakan, cita rasa masakan penang sebenarnya hampir mirip dengan di Indonesia. Sehingga, bagi yang baru pertama kali mencoba menu masakan Penang, tidak perlu khawatir.

Namun, Apabila Anda bingung untuk mencicipi menu yang mana dari sekian banyak menu Taste of Penang, Dale menyarankan untuk mencoba menu Nasi Lemak. Selain karena lebih familiar di Indonesia, dikatakan Dale, Nasi Lemak memiliki status yang sama dengan Nasi Goreng Indonesia.

Taste of Penang, Kuliner Negara Tetangga yang Rasanya Mirip dengan Cita Rasa Indonesia

Melaju Kencang Pakai Motor, Pria di Lamongan Tewas Tertikam Ranting Kayu Mahoni

Fatma Foundation Giliran Beri Penyuluhan & Deteksi Dini Kanker Payudara Ibu-ibu Nelayan di Surabaya

"Biasanya kalau kita pergi makan ke suatu tempat, lalu bingung mau makan apa? Kalau di Indonesia kan akhirnya pilih Nasi Goreng. Nah, kalau di Penang, kalau orang bingung mau makan apa, biasanya pilihannya akan jatuh ke Nasi Lemak," cerita Dale.

Namun, imbuhnya, rasa Nasi Lemak sangat berbeda dari Nasi Goreng. Rasa dan proses pembuatan Nasi Lemak, lebih menyerupai menu Nasi Uduk.

Dalam Taste of Penang, menu Nasi Lemak disajikan dengan dua pilihan lauk yang dimasak dengan cara oseng. Pertama osen ikan bilis, kedua oseng ayam.

"Itu cara masaknya gampang, cuma tinggal oseng lauknya pakai bawang putih, bawang merah, daun jeruk, cabe merah besar, jadilah," ujar Dale.

Selain itu disediakan juga beberapa piliham toping untuk menyempurnakan sensasi makan Nasi Lemak, antara lain kacang goreng, kering tempe, dan telur rebus

Penulis: Hefty Suud
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved