Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf Ajak Masyarakat Jalan Sehat Sembari Sosialisasi Soal Program Inovasi

Ribuan masyarakat Pasuruan timur, khususnya wilayah Grati, Nguling, Lekok dan sekitarnya mengikuti acara jalan sehat bersama Bupati Pasuruan Irsyad Yu

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf Ajak Masyarakat Jalan Sehat Sembari Sosialisasi Soal Program Inovasi
SURYA.CO.ID/GALIH LINTARTIKA
Pengundian hadiah jalan sehat di Pasuruan, MInggu (14/4/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Ribuan masyarakat Pasuruan timur, khususnya wilayah Grati, Nguling, Lekok dan sekitarnya mengikuti acara jalan sehat bersama Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Minggu (14/4/2019) di Lapangan Grati, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Jalan Sehat yang menyiapkan ratusan hadiah doorprize ini diselenggerakan dalam rangka promosi dan mensosialisasikan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan periode 2019 - 2024 mendatang.

Kepada Surya, Gus Irsyad, sapaan akrab Bupati Pasuruan menjelaskan, ini merupakan rangkaian untuk mensosialisasikan program prioritas pemerintah daerah untuk membawa Pasuruan lebih berkarakter ke depannya.

Jelang Pemilu 2019, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Medaeng Diajari Cara Mencoblos

Gadis Usia 6 Tahun Tewas di Tangan Adiknya Sendiri Akibat Orang Tua Letakkan Pistol Sembarangan

Kronologi Tewasnya Pria yang Diterkam Buaya Sungai Malaoge, Kakinya Menancap Lumpur saat Ditemukan

Ia menjelaskan, ada program baru yang akan diterapkan di periode lima tahun yang akan datang yakni rumahku surgaku, Wak Moqidin (Wayahe kumpul mbangun TPQ dan Madin), Kenduren Mas (Kendaraan urun rembug masyarakat), adus kali, Kemisan, satu desa satu bank sampah, Pelasan (Pelatihan santri).

Tak hanya itu, ada juga Pusaka (Pemuda dan santri anti narkoba), Perwira keluarga (perempuan wira usaha), Pemuda pelopor pembangunan desa (P3D), Pasuruan Gumuyi (Guyup rukun bersatu padu), Pasuruan podo roso, dan yuk nonggo.

"Implementasi program unggulan itu akan disinergikan dengan program pembangunan dalam rencana strategis perangkat daerah. Sehingga keberhasilannya dapat diukur outputnya maupun outcomenya. Jadi bukan hanya jargon, tapi diimplementasikan dan dirasakan manfaatnya," katanya.

Nah, salah satu bentuk implementasi program itu juga melalui sosialisasi. Kata dia, sosialisasi ini penting, karena tanpa ada dukungan dan keterlibatan masyarakat Pasuruan, semua program itu tak akan berjalan maksimal dan lancar.

"Kami ingin semua masyarakat juga terlibat dalam mensukseskan program - program ini. Kami ingin masyarakat sadar akan pentingnya program - program ini," jelasnya.

Terungkap Daftar Harta Kekayaan Peserta Pilpres Jokowi-Maruf & Prabowo-Sandiaga, Siapa Paling Kaya?

Driver Ojol Dinilai Kurang Ganteng, Tiga Gadis Ini Batalkan Pesanannya, Langsung Jadi Buronan

Ia mencontohkan, program Pusaka. Ini adalah sebuah inovasi yang tujuannya mencegah pemuda dan santri di Pasuruan terhindar dari barang - barang terlarang, khususnya narkoba dan sejenisnya.

"Peredaran narkoba di Pasuruan sudah memprihatinkan. Kami harap, dengan Pusaka, ini pemuda dan santri di Pasuruan bisa terselamatkan dan tidak terjerumus ke pergaulan bebas penyalahgunaan narkoba dan sejenisnya," paparnya.

Gus Irsyad menegaskan, masih banyak program lainnya yang penjabarannya masih luas. Intinya, ia menyebut semua program inovasi ini akan bermanfaat untuk masyarakat Pasuruan dan berharap bisa membawa Pasuruan lebih baik, maslahat, maju dan berdaya saing ke depannya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved