Pemilu 2019

Saat Pencoblosan, PMI Jember Buka Posko Kesehatan Pemilu 2019

- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember membuka posko kesehatan di masa Pemilu 2019.

Saat Pencoblosan, PMI Jember  Buka Posko Kesehatan Pemilu 2019
sri wahyunik/surya
Simulasi penanganan korban Laka Lalin oleh PMI di Jember 

 TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember membuka posko kesehatan di masa Pemilu 2019.

Posko kesehatan itu dibuka selama tiga hari mulai Selasa (16/4/2019) sampai Kamis (18/4/2019). Posko dibuka di markas PMI Cabang Jember Jl Jawa, dan Mapolres Jember Jl Kartini.

Posko kesehatan itu memberikan layanan pertolongan pertama dan layanan ambulans. "Serta layanan kesehatan dasar. Kami mendirikan posko kesehatan ini untuk mendukung momentum Pemilu 2019" ujar Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki, Senin (15/4/2019).

Zaenal menambahkan, pembukaan posko kesehatan sebagai wujud kepedulian dari organisasi sosial yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan.

PMI, lanjut Zaenal, selalu berpegang teguh pada prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.

"Dan fungsi utama dari Palang Merah Indonesia adalah membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan. Oleh karena itu Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember pada momentum Pemilu tahun 2019, berpartisipasi sebagai tim kesehatan dalam Pos Pelayanan Pertolongan Pertama,” tegassnya kepada Tribunjatim.com.

Ini Kronologis Kasus Persetubuhan Anak SD dan SMA di Probolinggi Hingga Melahirkan Prematur

Pelaku Mutilasi Budi Hartanto Mengaku Mencintai Korban dan Sempat Berhubungan Sebelum Membunuh

Songsong Bulan Ramadhan, Pedagang Kurma di Pasar Ampel Surabaya Siapkan Banyak Pasokan Kurma

Selain itu, untuk mempromosikan PMI sebagai bagian dari Gerakan Palang Merah Internasional, lanjut Zaenal, juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap PMI.

Di posko kesehatan itu, PMI menyiapkan tiga tenaga yaitu tenaga penunjang kegiatan terdiri dari satu perawat, satu driver, satu relawan. Posko juga ditunjang perlengkapan sarana dan prasarana berupa dua unit ambulans dan peralatan kesehatan.

“Jika sewaktu-waktu ada penyelenggara pemilu atau pemilih yang kurang enak badan bisa diperiksa tim kesehatan PMI,” pungkas Zaenal kepada Tribunjatim.com. (Sri Wahyunik/TribunJatim.com).

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved