BPJS Kesehatan Kabupaten Pamekasan Gelontorkan Dana 72 Miliar untuk Bayar Hutang Klaim Rumah Sakit

BPJS Kesehatan sudah menggelontorkan dana sebesar Rp 11 triliun untuk membayar hutang klaim jatuh tempo BPJS Kesehatan kepada rumah sakit.

BPJS Kesehatan Kabupaten Pamekasan Gelontorkan Dana 72 Miliar untuk Bayar Hutang Klaim Rumah Sakit
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Kepala BPJS Cabang Pamekasan, Elke Winasari (kiri) dan Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan (PMR) BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan Febby Mandolang (kanan) saat memberikan penjelasan terkait klaim yang sudah di bayarkan kepada pihak rumah sakit, di Aula Ruang Rapat Kantor Cabang BPJS Pamekasan, Jl. Raya Panglegur, Kramat, Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Selasa (16/4/2019) siang. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kabupaten Pamekasan menggelar Konferensi Pers yang diselenggarakan di Aula Ruang Rapat Kantor Cabang BPJS Kesehatan Pamekasan, Jl. Raya Panglegur, Kramat, Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Selasa (16/4/2019) siang.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan, Elke Winasari mengatakan, BPJS Kesehatan pusat sudah menggelontorkan dana sebesar Rp 11 triliun untuk membayar hutang klaim jatuh tempo BPJS Kesehatan kepada rumah sakit.

Di luar itu, BPJS Kesehatan juga melakukan pembayaran sebesar Rp 1,1 triliun dalam bentuk dana kapitasi kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Tak Sengaja Temukan Pistol di Bawah Bantal, Bocah Empat Tahun Ini Menembak Kepalanya Sendiri

Gadis Usia 6 Tahun Tewas di Tangan Adiknya Sendiri Akibat Orang Tua Letakkan Pistol Sembarangan

Cemburu Membuat Tukang Ojek Ini Bunuh Anak Tirinya yang Sedang Hamil, Setelah Itu Minta Dihukum Mati

"Sampai hari ini, tagihan klaim rumah sakit yang lolos verifikasi dan sudah jatuh tempo, akan dibayar BPJS Kesehatan dengan mekanisme first in first out. Urutan pembayarannya disesuaikan dengan catatan kami. Rumah sakit yang lebih dulu mengajukan berkas secara lengkap, tentu transaksi pembayaran klaimnya akan diproses terlebih dulu," kata Elke Winasari.

"Upaya menuntaskan pembayaran fasilitas kesehatan ini dapat terwujud karena ada dukungan penuh dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan," jelas Elke Winasari menambahi.

Menurut Elke Winasari, setiap tanggal 15 merupakan tanggal pembayaran kapitasi untuk FKTP.

Oleh karena itu, kata Elke Winasari, ada kemungkinan pembayaran non kapitasi dan tagihan rumah sakit dibayarkan BPJS Kesehatan pada hari berikutnya.

Hal tersebut merupakan mekanisme pembayaran yang rutin dilakukan setiap bulan oleh BPJS Kesehatan.

"Biasanya mitra perbankan kami menjalankan transaksi untuk pembayaran kapitasi ini dulu. Namun kami pastikan kewajiban pembayaran ke fasilitas kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku dapat dilakukan paling lambat hari ini" katanya.

Halaman
12
Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Melia Luthfi Husnika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved