Pilpres 2019

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Pemilih Sebelum Berangkat Memberikan Suara ke TPS

Sebelum berangkat ke TPS, ada beberapa hal yang wajib pemilih ketahui!

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Pemilih Sebelum Berangkat Memberikan Suara ke TPS
Tribun Jatim
Petugas KPPS sedang menghitung surat suara di TPS 37 PPS Medokan Ayu 

TRIBUNJATIM.COM - Hari Pemilihan Umum 2019 telah tiba. Tepat pada hari Rabu tanggal 17 April setiap warga negara menggunakan hak pilihnya.

Namun ada yang perlu Anda ketahui sebelum berangkat ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yaitu,

Jadwal TPS dibuka mulai dari pukul 07.00 dan ditutup pukul 13.00. Lantas, bagaimana bila masih sada orang yang belum mencoblos di atas pukul 13.00?

Komisioner Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra, menjelaskan bahwa warga masih diboleh kan melakukan pencoblosan dengan beberapa ketentuan. Ketentuan tersebut tercatat dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 Tahun 2019 tentang Perbuahan atas PKPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum.

Sedangkan Pasal 46 Ayat (1) huruf b PKPU Nomor 9 Tahun 2019 berbunyi pemilih yang diperbolehkan memberikan suara setelah pukul 13.00 ialah pemilih yang sedang menunggu giliran untuk masuk ke bilik suara dan telah dicatat kehadirannya.

Selain itu, pemilih yang sudah hadir dan berada dalam antrean untuk mencatat kehadirannya juga masih diperbolehkan untuk memilih di atas pukul 13.00. Dalam form model C7 yang terbagi untuk pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Sehingga dapat disimpulkan, pemilih dipastikan boleh mencoblos di atas pukul 13.00, asalkan sudah antre untuk mendaftar atau antre menunggu giliran masuk bilik suara.

KH M Sofyan Rais Am Thoriqoh Syathoriyah Indonesa Yakin 2 Juta Suara di Jatim

Cerita Perjuangan Pengiriman Logistik Pemilu 2019 di Plandaan Jombang, TPSnya di Tengah Hutan

Sebelum ke TPS, alangkah baiknya jika pemilih membawa formuli C6 dan e-KTP agar dapat menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum 2019 hari ini.

Formulir C6 merupakan formulir yang berisi informasi mengenai nama pemilih dan keterdaftaran nama pemilih di TPS.

"Membawa dua-duanya (formulir C6 dan e-KTP)," kata Komisioner KPU Ilham Saputra saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/4/2019).

Halaman
1234
Penulis: Elma Gloria Stevani
Editor: Adi Sasono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved