Puluhan Warga di Banyuwangi Berebut Ribuan Ikan di Sawah, Ini Syaratnya

Ratusan warga Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur ramai-ramai menyeburkan diri ke sawah untuk berebut 500.000 ribu ikan yang disebar,

Puluhan Warga di Banyuwangi Berebut Ribuan Ikan di Sawah, Ini Syaratnya
TribunJatim/Haorrahman
Warga Desa Bayu, Kecamatan Songgon Banyuwangi ramai-ramai menceburkan diri ke sawah untuk berebut ikan, Sabtu (12/2/2017) 

Laporan Wartawan Surya, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Ratusan warga Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur ramai-ramai menyeburkan diri ke sawah untuk berebut 500.000 ribu ikan yang disebar, Minggu (12/2/2017).

Tua, muda dan anak-anak, tanpa alas kaki berebut menangkap ikan dengan menggunakan tangan kosong. Tidak boleh menggunakan alat bantu apapun.

Tak peduli basah kuyup, mereka berlarian mengejar dan menangkap ikan tombro dan nila merah, dalam acara 'Ngemek Iwak' (ngambil ikan).

Canda tawa terlihat ketika terdapat warga yang terpeleset dan bermandikan air dan lumpur.

Dari 500.000 benih ikan yang disebar tersebut, terdapat ikan berukuran besar yang siap panen.

Ikan berukuran besar ini lalu dibakar atau digoreng, untuk dimakan warga bersama-sama. Perut kenyang dan kerukunan warga tercipta di kegiatan ini.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Banyuwangi, Hary Cahyo Purnomo mengatakan, kegiatan ini digelar atas aspirasi oleh warga Desa Bayu sendiri.

"Ini asli dari rakyat. Nanti ikan-ikan yang mereka dapat dari Ngemek Iwak ini, bisa dibudidayakan di sawah mereka masing-masing," kata Hary Cahyo Purnomo.

Ngemek Iwak ini mendorong warga desa, untuk membudidayakan ikan di sawah melalui mina padi. Mina (ikan) dan padi, merupakan bentuk usaha tani gabungan (combined farming), yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya ikan air tawar.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved