Breaking News:

Cuaca Tak Menentu, BPBD Jombang Siapkan Posko Siaga Bencana

Cuaca yang tidak menentu, termasuk masih tingginya curah hujan membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, Jawa Timur mendir

Penulis: Sutono | Editor: Yoni Iskandar
Tribunjatim/Sutono
Posko Siaga Bencana yang didirikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang di Jalan Raya Mojoagung, siaga antisipasi bencana alam, utamanya banjir. 

Laporan Kontributor Surya, Sutono

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Cuaca yang tidak menentu, termasuk masih tingginya curah hujan membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, Jawa Timur mendirikan Pos Komando (Posko) Siaga Bencana.

Posko berada di Jalan Raya Mojoagung, dijaga 30 personel BPBD Jombang yang selalu 'standby'.

Tak hanya itu, di posko juga disiagakan peralatan yang siap digunakan jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Di antaranya, perahu karet, mobil siaga serta peralatan untuk pemadam kebakaran.

Kepala BPBD Jombang, Nur Huda mengatakan, bencana alam, khususnya banjir masih mengintai sejumlah kecamatan di Kabupaten Jonbang.

Di antaranya, Kecamatan Mojowarno, Kecamatan Mojoagung serta Kecamatan Sumobito.

"Terlebih di Kecamatan Mojoagung yang sudah menjadi langganan banjir setiap musim hujan datang. Itu pula sebab, posko juga kami dirikan di sana," ujarnya kepada tribunjatim.com, Selasa (20/2/2017).

Posko tersebut, menurut Nur Huda, tidak bersifat permanen, namun akan aktif sampai waktu yang tidak ditentukan.

"Jika situasi dan kondisi sudah dirasa, posko tersebut akan dibubarkan," imbuhnya.

Nur Huda Menjelaskan tugas pokok para petugas yang terdiri dari relawan dan anggota BPBD selain memantau langsung daerah di sekitar posko, juga melaporkan secara periodik perkembangan situasi dan kondisi terkini kepada BPBD Jombang.

"Dengan adanya posko dan personil yang siaga, setidaknya kita bisa langsung berkoordinasi dengan dinas terkait serta sebagai upaya penanganan bencana sejak dini,” pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved