Desa Ketapang Banyuwangi Jadi Pilot Project Desa Literasi

Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, menjadi pilot project Desa Literasi.Desa Literasi merupakan kolaborasi beberapa komponen yang ada di

Desa Ketapang Banyuwangi  Jadi Pilot Project Desa Literasi
TribunJatim/Haorrahman
Desa Ketapang, membuka lapak baca pinggir jalan Literasik, yang bertujuan untuk mengkampanyekan membaca dengan asik. 

Laporan Wartawan Surya, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, menjadi pilot project Desa Literasi.

Desa Literasi merupakan kolaborasi beberapa komponen yang ada di masyarakat desa. Mereka bersinergi untuk mengembangkan minat dan budaya membaca masyarakat.

"Terdapat tiga tujuan utama dalam Desa Literasi," kata Slamet Kasihono, Kepala Desa Ketapang, Jumat (24/2/2017).

Tujuan pertama, menjadikan membaca kebiasaan masyarakat di berbagai usia, di berbagai tempat. Dilakukan oleh siapapun tanpa dibedakan berdasarkan kategori dan peran sosialnya.

Kedua, mengembalikan keluarga memiliki kemampuan sebagai agen pendidikan utama bagi anak-anak.

Slamet mengatakan, membangun desa bisa dimulai dari mana saja, namun untuk hasil yang bermutu dan bertahan lama, pemberdayaan harus dimulai dari yang paling mendasar yaitu dengan membangun sumber daya manusia pada terutama anak-anak dalam keluarga.

Dengan demikian, akan muncul tujuan ketiga, kepedulian dan tanggung jawab warga desa, untuk turut serta mengawal pembangunan desa.

Slamet mengatakan, dengan Desa Literasi, memfasilitasi masyarakat terutama pada kelompok pemuda dan usia sekolah, agar bisa berperan aktif dalam pembangunan daerah.

"Desa Ketapang cocok menjadi Desa Literasi. Kondisi sosio kultural Desa Ketapang, berdekatan dengan berbagai fasilitas umum seperti pelabuhan, stasiun kereta api, sejumlah Industri, dan beberapa hotel atau penginapan," kata Slamet.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved