Sarana Multigriya Finansial Perluas Segmen Pembiayaan Untuk Memudahkan Kepemilikan Rumah

PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF optimis dapat meningkatkan perannya dalam usaha mendukung ketersediaan rumah yang layak dan...

Sarana Multigriya Finansial Perluas Segmen Pembiayaan Untuk Memudahkan Kepemilikan Rumah
Tribun Jatim/Aulia Fitri Herdiana
Direktur Utama SMF, Ketua APERSI Jawa Timur dan pemateri berfoto setelah Diskusi Media 'KPR SMF dan Realisasi Program 1 Juta Rumah' di Hotel Quest, Surabaya (27/2/2017) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aulia Fitri Herdiana

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF optimis dapat meningkatkan perannya dalam usaha mendukung ketersediaan rumah yang layak dan terjangkau bagi setiap keluarga di Indonesia.

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, mengatakan di tahun 2017 ini SMF akan fokus dalam memperluas segmen penyaluran pinjaman, yaitu kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD) di seluruh Indonesia, serta perusahaan pembiayaan (Multifinance).

"SMF juga menyatakan dukungan penuhnya dalam implementasi Program Sejuta Rumah yang telah dicanangkan oleh Pemerintah serta Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang akan digulirkan oleh Pemerintah,” terang Ananta.

Dalam kegiatan Sosialisasi dan Edukasi kepada Media Jawa Timur di Quest Hotel, Surabaya pada Senin (27/2/2017), Ananta menjelaskan bahwa kerjasama pembiayaan KPR dengan menggandeng BPD, selain sebagai tolak ukur keberhasilan SMF dalam menyalurkan KPR, juga untuk mendorong pembangunan perumahan di berbagai daerah.

“Tingginya kebutuhan akan perumahan merupakan pangsa pasar yang besar bagi BPD, khususnya dalam memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan hunian yang layak, utamanya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Hal tersebut sejalan dengan transformasi BPD yang dicanangkan oleh Pemerintah,” tambahnya.

Selain menjaring sinergi dengan BPD, SMF juga mulai melaksanakan pilot project pengembangan program KPR SMF dengan menggandeng beberapa perusahaan multifinance.

KPR SMF merupakan produk yang ditujukan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap kredit kepemilikan rumah yang disalurkan melalui multifinance yang bekerjasama dengan SMF.

KPR SMF menawarkan suku bunga tetap untuk jangka waktu tertentu sehingga nilai kewajiban angsuran debitur lebih stabil.

KPR SMF merupakan bentuk implementasi dari pelaksanaan misi SMF sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah Kementerian Keuangan, yang mengemban tugas dari Pemerintah sebagai special mission vehicle untuk membangun dan mengembangkan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan,” tutur Ananta.

Halaman
12
Penulis: Aulia Fitri Herdiana
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved