Peringati TB Day, 1.500 Kader Aisyiyah Jatim Memberi Kado Mengejutkan Ini

Dari program tersebut, ditemui fakta tentang ketidakpedulian masyarakat terhadap bahaya TB.

Peringati TB Day, 1.500 Kader Aisyiyah Jatim Memberi Kado Mengejutkan Ini
SURYA/BOBBY CONSTANTINE KOLOWAY
Suasana Jambore kader TB ‘Aisyiyah dalam peringatan hari tuberculosis (TB) sedunia, TB Day, Minggu (26/3/2017), di Sport Center Multipurpose Building UIN Sunan Ampel Surabaya. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pimpinan Wilayah Aisyiyah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Jambore kader Peringatan Hari Tuberculosis (TB) sedunia, TB Day, Minggu (26/3/2017), di Sport Center Multipurpose Building UIN Sunan Ampel Surabaya.

Program ini sekaligus menjadi puncak rangkaian program kepedulian TB yang telah dilakukan oleh organisasi perempuan yang berada di di bawah naungan Muhammaddiyah tersebut selama sebulan terakhir.

Acara dengan nama Program Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah ini diikuti oleh sekitar 1.500 anggota Aisyiyah yang tergabung dalam kader TB ‘Aisyiyah dari 22 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Hadir pula Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Ysuuf, yang didampingi jajaran dinas terkait di Pemrov Jatim.

Peringatan TB Day yang tiba di tanggal 23/3/2017 lalu, memang diperingati Aisyiyah dengan meluncurkan beberapa program terkait kepedulian terduga TB.

Diantaranya, program ketuk pintu seribu rumah untuk sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan, skrinning terduga pasien TB, hingga pendampingan minum obat bagi pasein TB.

Koordinator program TB HIV Care Asisyah Jatim, Emi Yuliana Ulya, menjelaskan dari program tersebut pihaknya berhasil menjaring ribuan terduga pasien TB di Jatim.

Rinciannya, dari 22 kabupaten dan kota di jatim yang menyelenggarakan program ini, jumlah rumah yang diketuk ada 45.417 buah.

Jumlah orang yang mengikuti skrining (pemeriksaan) mencapai 83.695 dan 5.328 di antaranya menjadi terduga penderita TB.

"Bagi yang terduga, kami antarkan untuk menjalani pengobatan di puskesmas terdekat," ujar Emi di sela acara tersebut.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved