6 Lutung Jawa Asal Prancis Ini Jalani Pemeriksaan, 2 Lutung Siap Dilepas

Enam lutung jawa di Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa, Java Langur Centre (JLC), Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu menjalani

Penulis: Sany Eka Putri | Editor: Yoni Iskandar
TribunJatim/Sany putri
Lutung Jawa 

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Enam lutung jawa di Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa, Java Langur Centre (JLC), Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu menjalani proses pemeriksaan. Dari enam lutung jawa itu, dua di antaranya akan siap untuk dilepas di alam liar, Selasa (4/4/2017).

Enam lutung jawa ini menjalani beberapa pemeriksaan, di antaranya ada pemeriksaan bakteri, TBC, darah, dan chip tanda pengenal.

Dua lutung jawa bernama Indah berusia 3 tahun dan Samui berusia 4 tahun ini sudah menjalani proses karantina selama kurang lebih 8 bulan. Sehingga saat ini mereka siap dilepas.

Baca: Risma Tolak Desain Baru Kebun Binatang Surabaya, Lho Kenapa Ya?

Iwan Kurniawan, Project Manager JLC, mengatakan nanti kedua lutung yang siap dilepas itu akan dilepas di Sumbemanjing Kulon, sekitar Kondang Merak, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Kedua lutung ini sebelum pre rilis, dilepas di alam, diperiksa lagi, untuk memastikan kondisi kesehatan. Memastikan mereka ini siap atau tidak untuk berbaur dengan kelompoknya," kata Iwan Kurniawan kepada TribunJatim.com.

Lutung Jawa yang akan dilepas ini imbuh Iwan Kurniawan, berasal dari Kebun Binatang Prancis. Sedangkan empat lutung bewarna hitam masih harus menjalani masa karantina selama 8 bulan ke depan.(Surya/Sany eka putri)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved