Breaking News:

Direktur Sido Muncul Beri Tips Memulai Usaha

Direktur PT Sido Muncul, Irwan Hidayat memberikan tips memulai usaha dalam acara EMTEK Goes to Campus di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM

Editor: Yoni Iskandar
TribunJatim/ Neneng Uswatun Hasanah
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat dan Rektor UM, Prof Rofiuddin di acara EMTEK Goes to Campus, Kamis (4/5/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Direktur PT Sido Muncul, Irwan Hidayat memberikan tips memulai usaha dalam acara EMTEK Goes to Campus di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Kamis (4/5/2017).

Cucu pendiri Sido Muncul itu membagikan pengalamannya saat membangun Sido Muncul dan berbagi tips untuk 3.000 mahasiswa peserta workshop.

"Mahasiawa banyak yang memiliki masalah ketika akan membangun usaha, yaitu modal," kata Irwan kepada Surya (Tribunnews.com Network) usai workshop.

Menurut Irwan Hidayat, modal dibagi menjadi dua hal yaitu modal yang terlihat dan tak terlihat. Modal terlihat adalah modal uang, sedangkan modal tak terlihat adalah yang lebih penting dimiliki para pemula.

"Modal yang tak terlihat adalah modal pendidikan, network, dan pengalaman," ujar Irwan Hidayat.

Ketika sudah memiliki dan menguasai modal tak terlihat, maka modal dana akan dengan mudah diperoleh.

Baginya, kesuksesan membutuhkan imajinasi dan kreativitas.

"Orang yang sukses pasti sudah memikirkan kesuksesannya sejak 20-30 tahun sebelumnya dan selalu berusaha mewujudkannya dengan kreativitas," tutur Irwan Hidayat.

Baca: PTN Akan Mandiri dengan Badan Usaha Selain Pabrik

Rektor UM, Prof Rofiuddin mengatakan kegoatan tersebut membuka cakrawala mahasiswa tentang kehidupan sebenarnya.

"Misalnya saja Pak Irwan yang telah sukses di bidangnya, memberikan inspirasi tentang hal-hal yang harus dilakukan," katanya.

UM juga akan memulai kerjasama dengan Sido Muncul dari mulai joint research hingga beasiswa dan lokasi magang untuk mahasiswa. (Surya/Neneng Uswatun Hasanah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved