Breaking News:

Kantor Pemerintahan Probolinggo Senilai Rp 120 Miliar Diresmikan, Ini Pesan Bupati

Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakabpro) ke-271 ditandai dengan tasyakuran sekaligus peresmian Kantor Bupati dan Pemerintahan P

TribunJatim/ Galih Lintartika
SEMANGAT BARU : Bupati Probolinggo P Tantrian Sari saat meresmikan gedung pemerintahan sekaligus Kantor Bupati Probolinggo baru di Kraksaan. 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakabpro) ke-271 ditandai dengan tasyakuran sekaligus peresmian Kantor Bupati dan Pemerintahan Probolinggo, Senin (8/5/2017).

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan untaian bunga melati serta pemotongan tumpeng oleh Bupati Probolinggo P Tantriana Sari didampingi Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Timbul Prihanjoko, serta jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Bupati Probolinggo P Tantriana Sari, mengatakan, bangunan ini sebenarnya sudah dimanfaatkan dan ditempati oleh beberapa perangkat daerah sejak beberapa tahun yang lalu.

“Saya berterima kasih atas dukungan dari semua masyarakat Kabupaten Probolinggo. Kantor ini menjadi tanda bahwa pusat pemerintahan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur itu di Kraksaan. Kalau sebelumnya, pemerintahan kabupaten ada di Kecamatan Dringu," katanya.

Hal itu terjadi, kata Tantri, karena sejak tahun 2010 terbit Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 yang menetapkan Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo. Alhasil, pasca ditetapkannya itu, pihaknya langsung membuat identitas atau tanda pusat pemerintahan di Kraksaan.

"Semoga ini menjadi awal baik untuk kami sebagai abdi negara, pelayan masyarakat agar lebih baik memberikan pelayanan ke masyarakat. Apalagi sekarang kantornya kan jadi satu, sehingga memudahkan. Mau ke OPD manapun bisa hanya pindah ruangan saja," terangnya.

Selain itu, Bupati Tantri, meminta kepada seluruh perangkat daerah untuk mengistiqomahkan kegiatan pengajian, ngaji bareng dan semaan di kantor baru ini.

"Nanti akan sering - sering kami buat kegiatan pengajian bersama dan kegiatan kerohanian lainnya. Harapannya, apa yang menjadi amanah kami dalam memimpin masyarakat Probolinggo dari allah swt diridhoi. Semoga kami bisa terus meningkatkan pelayanan," papar Bupati Tantri.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo Prijono mengungkapkan, gedung Kantor Bupati Probolinggo ini dibangun diatas tanah seluas 17.230 m2 dan luas bangunannya sendiri sebesar 18.000 m2.

“Pembangunan dilakukan dalam dua tahap. Yakni tahap pertama pembangunan sayap kiri dan kanan pada tahun 2012 dan tahap kedua pembangunan gedung utama pada tahun 2014 hingga 2016 yang dilaksanakan secara multiyears,” katanya.

Baca: Bupati Tantri Sebut Penghargaan Ini Pecah Telur

Menurut Prijono, untuk gedung sayap kiri kanan memiliki luasnya 8.000 m2, dan masing-masing terdiri dari empat lantai. Pembangunan itu menghabiskan biaya sebesar Rp 38 miliar dengan konstruksi beton precast. Untuk gedung utama seluas 10.000 m2 terdiri dari lima lantai dengan biaya total pembangunan sebesar Rp 82 miliar dengan konstruksi beton precast dan non precast.

“Untuk anggaran pembangunan yang digunakan berasal dari anggaran APBD Provinsi Jawa Timur sebesar Rp 25 milyar dan dari anggaran APBD Kabupaten Probolinggo sebesar Rp 95 milyar,” pungkasnya .(Surya/Galih Lintartika)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved